Loading...

Monday, September 26, 2022

UBL Siap Gelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022

Marketplus.co.id Universitas Budi Luhur (UBL) merupakan instansi pendidikan yang aktif dalam pengelolaan kampus ramah lingkungan melalui Bank Sampah UBL yaitu sebagai wadah pengelolaan sampah dan tempat sosialisasi lingkungan di masyarakat.

Pada tahun 2020, Bank Sampah UBL meraih penghargaan dari LLDIKTI sebagai permadani terbesar dari kawasan minuman plastik. Tidak hanya itu, pada ajang UI GreenMetric, UBL meraih peringkat ke-31 pada tahun 2021 dan meraih juara umum lomba nasional memilah sampah menabung emas dari Pegadaian dan mendapatkan hadiah mobil box.

Terus berkomitmen sebagai kampus yang ramah lingkungan, UBL bekerjasama dengan Pegadaian  akan menyelenggarakan Jambore Nasional Bank Sampah 2022 pada pada 14 hingga 17 September mendatang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Universitas Budi Luhur dengan melibatkan berbagai masyarakat, komunitas dan pegiat Bank Sampah se-Indonesia.

Menurut Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M, acara ini diharapkan mampu melakukan pendampingan secara berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan sampah.

Beberapa rangkaian kegiatan Jambore Bank Sampah 2022 yaitu Workshop Sekolah Adiwiyata, Lokakarya Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Fashion Week Pakaian Daur Ulang, Lomba Pelajar Kreatif dan Inovatif  TK, SD, SMP, dan SMA/SMK, Talkshow “SELING” (Seputar Lingkungan), Festival Jajanan Nusantara, Pameran Inovasi Karya Kreasi Bank Sampah (IKKBS), Kunjungan Lapangan, Kompetisi Mural, Festival Musik Bahan Daur Ulang Sampah, Kegiatan Bersih-Bersih Serempak di Seluruh Dunia.

Kegiatan ini akan melibatkan 1000 orang dari berbagai lintas masyarakat dan komunitas. Adapun beberapa komunitas dan pegiat lingkungan yang akan terlibat yaitu dari Bank Sampah seIndonesia, Gammawaste, Lion International, Perbanusa, Pilah Sampah, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Trash Hero, Lingkungan Siapa, dan masih banyak lagi.

Hadir pada saat jump apers Jambore Bank Sampah 2022 Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA; Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M; Pimpinan dan CSR Pegadaian; Koordinator Bank Sampah UBL; Umi Tutik Asmawi dan beberapa komunitas lingkungan yang mendukung kegiatan JNBS.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *