Loading...

Tuesday, September 21, 2021

Inilah Modal Dasar Mendapat Pekerjaan di Era Digital

Marketplus.co.idSalah satu yang penting dalam literasi digital yaitu tentang kemampuan mengetahui dan memahami seluk beluk dunia digital. Tampak sederhanan namun tanpanya landasan yang baik, kita bisa “tersesat” di dalam dunia digital.

Digital skill adalah kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan perangkat komunikasi digital, Aplikasi komunikasi dan Jaringan untuk mengakses dan mengatur atau mengelola informasi. Fungsinya banyak seperti mempermudah pekerjaan yang awalnya rumit. Mempercepat proses yang awalnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Memaksimalkan sumber daya dana & waktu) serta meningkatkan produktivitas.

Puspo Galih Wichaksana, Pengurus RTIK Kalimantan Barat, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (14/6/2021) memaparkan tentang kemampuan dasar bagi pekerja. Ada beberapa kemampuan dasar yang penting dimiliki seseorang sebagai modal mencari pekerjaan.

Pertama kemampuan mengoperasikan smartphone atau komputer. Mulai dari menjalankan berbagai program, mengetahui fungsi dari setiap software, dan lainnya.

Kedua kemampuan menggunakan internet / media sosial. Karyawan harus memiliki pengetahuan dasar mengenai penggunaan internet dan sosial media. Hal ini sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di dunia digital karena karyawan yang mampu menggunakan internet dan media sosial dengan baik tentu akan memiliki jaringan lebih luas.

Ketiga menguasai aplikasi pengolah kata. Kemampuan ini adalah kemampuan yang paling dasar. Tetapi pekerja yang mampu mengetik dengan baik sangatlah penting di

era digital seperti sekarang. Karena hampir seluruh pekerjaan dilakukan didepan komputer dan tentu saja menggunakan aplikasi word processing seperti Microsoft Word.

Keempat menguasai aplikasi pengolah angka / spreadsheet. Di era digital seperti sekarang, perusahaan sudah menggunakan aplikasi yang dapat menyimpan data dengan aman serta dapat melakukan proses perhitungan cepat dan akurat. Kemampuan dalam penggunaan aplikasi spreadsheet seperti MS Excel sangatlah diperlukan.

Kelima menguasai aplikasi presentasi. Untuk menyampaikan hasil dari target yang ditentukan, biasanya karyawan akan mempresentasikannya di depan pimpinan atau orang berwenang. Untuk itu kemampuan dalam memanfaatkan aplikasi presentasi merupakan hal yang wajib dimiliki setiap karyawan di era digital seperti sekarang.

Terakhir, mampu menggunakan email. Email sudah menjadi hal dasar di era digital dan di dalam perusahaan, untuk itu pastikan karyawan mampu untuk menggunakan email. Mengetahui bagaimana mengirim email dengan baik adalah hal yang penting.

“Belajar dari sekarang, tingkatkan skill-mu dari dasar, lupakan rasa takut, fokus dengan apa yang kita kerjakan dan selalu isi serta berbagi ilmu yang sudah kita dapatkan,” ujar Puspo.

Webinar Literasi Digital Nasional 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi, ini juga menghadirkan pembicara lain seperti A A Ngr Bagus Aristayudha (Relawan TIK Provinsi Bali, Dosen Universitas Bali Internasional), Rovien Aryunia, S.Pd., M.PPO., M.M. (MAFINDO, Seger Group – SEP Triputra Grup), Rane Hafied (Chief Creative Officer, PT Paberik Soeara Rakjat) dan Key Opinion Leader Clarissa Darwin (Digital Creator & Fashion Stylist).

Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *