Loading...

Tuesday, September 21, 2021

Tips Agar Pola Hidup Tak Konsumtif

Marketplus.co.idKementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar acara webinar Literasi Digital untuk wilayah Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Situbondo, Jumat (11/6/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.

Menurut Mujibur Rahman, ASN Sekertaris KPU Situbondo, perkembangan teknologi yang semakin canggih berhasil mengubah pola hidup masyarakat, khususnya di era modern, contohnya saat berbelanja. Karena saat ini belanja merupakan gaya hidup masyarakat di era modern.

“Iming-iming menarik mengenai diskon dan promo besar-besaran terbukti mampu membuat masyarakat lebih konsumtif saat membelanjakan uangnya. Padahal, jika ditelaah, barang tersebut bukan termasuk kebutuhan utama,” katanya.

Lanjut Mujibur, agar pola hidup tidak konsumtif, lakukan beberapa tips berikut ini menyusun anggaran belanja, belanja sesuai prioritas, berpikir matang sebelum membeli, kurangi hangout bersama teman, lebih realistis, mengubah pola pikir, mulai menabung, dan lebih cermat dalam hidup. Perkembangan teknologi seharusnya bisa disikapi dengan bijak bukan malah lebih konsumtif. Seharusnya dimanfaat dengan baik untuk menambah pemasukan keuangan. Contohnya apabila memiliki usaha bisa pasarkan produknya, ikut komunitas atau forum.

“Selain itu dunia digital dapat dimanfaatkan untuk riset, memanfaatkan peluang bisnis dan juga mengamati perkembangan usaha competitor,” katanya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi, ini juga menghadirkan pembicara lain seperti Dini Noor Aini,S.Sos.,M.Si (Kepala Lembaga Penjamin Mutu Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo) Darwin Tenironama,SST.Par.MM (Managing Directur IMS Hospitality Management Consulting & Lecturer Binus), Drs. Nugroho Msi (Kepala dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kab. Situbondo), dan Key Opinion Leader Putri Arifa Faradini.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital ini merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *