Loading...

Tuesday, September 21, 2021

Copywriting Tak Selalu Tulisan dan Caption, Ini Penjelasannya

Marketplus.co.idLiterasi digital diperlukan sebagai modal awal untuk cakap bermedia sosial. Kecakapan ini diperlukan karena dunia digital bisa membuka begitu banyak peluang jika kita bergaul dengan positif di dalamnya.

Salah satu hal yang bisa dipelajari atau bahkan menciptakan peluang pekerjaan adalah copywriting. Menurut Jefkins (2004) copywriting ini sendiri merupakan tulisan karya dalam bentu karangan iklan yang dibuat semenarik mungkin.

Sebuah produk atau barang yang diperdagangkan atau bahkan sekadar ingin menarik perhatian membutuhkan copywriting. Manfaat copywriting untuk menarik perhatian audiens agar menghentikan scroll up di media sosial sehingga lebih concern melihat isi konten.

Copywriting ini nggak melulu isinya tulisan atau caption bisa juga dengan komposisi gambar atau video. Tujuan utamanya apa, tentu saja exposure atau bahkan omset,” ujar Rinda Astuti, Digital Strategist, ketika berbicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (11/6/2021).

Dalam suatu produk ada beberapa bagian copywriting. Mulai dari Headline ,overline, sub headline, body copy, CTA barcode serta boxes dan panel. Yang tak boleh dilupakan adalah tagline.

Lalu jenis pekerjaan apa saja yang membutuhkan copywriting? Mulai dari copywriter, freelancer, ads agency, corporate in-house dan sebagainya. “Copywriter ini bisa membuka jalan kita untuk mendapatkan kesempatan kerja yang nggak seperti kebanyakan orang. Ilmu copywriting ini nggak didapat di ilmu pendidikan formal tapi justru lewat pendidkan informal. Banyak belajar, banyak praktek,” jelas Rinda.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Nasional 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi, ini juga menghadirkan pembicara lain seperti Ary Suprayogi, S.Pd (Founder & CEO Wartabromo), Pramana Yoga Saputra S.Kom,M.MT (Dosen Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang), Elfina N.F Mona S.I.Kom.,M.I.Kom (Dosen Public Relation Binus University) dan Key Opinion Leader (KOL) Ummul Khair, S.Pd.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital ini merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *