Loading...

Tuesday, September 21, 2021

Kenali Situs Palsu yang Merugikan

Marketplus.co.idPenyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Ponorogo.

Acara dipimpin oleh Moderator, Safira Dwisiwi, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ir. Andre Parvian Aristio, S.Kom, M.Sc, Firdaus Rahman Amd.As.J, Dr Devie Rahmawati, Rane Hafied dan key opinion leader Erbe Sentanu.  Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 433 peserta.

Andre Parvian Aristio mengulas mengenai bagaimana cara mengetahui situs-situs web palsu yang bisa mengambil data pribadi.

Menurutnya, kalau di address baru biasanya di https:// pastikan terdaftar dan harus jelas. Harus secure dan sudah terdaftar.

“Kalau diamati banyak sekali situs-situs web palsu. Ketidak hati-hatian kita, diberi info oleh orang lain. Misalnya dari whatsapp dan membuat kita tertarik untuk membukanya. Ternyata kita ketika kita buka linknya otomatis kita mendownload sebuah file Malware,” ungkapnya.

Ia juga menmbahkan, ketika mendapatkan info palsu dan tidak benar kita perlu waspada. Dimulai dari kita diri sendiri, kita harus menanamkan perilaku berhati-hati bahwa dunia digital sangat terlihat.

“Semua bisa melihat kita, maka harus berhati hati untuk meminimalisir apa yang yang kita terima. Harus lihat link yang diberikan, secure atau pernah mendengar beritanya,” katanya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *