Loading...

Tuesday, September 21, 2021

Hati-hati dengan Pesan Pulsa Gratis, Ini Jawabannya

Marketplus.co.idSetiap pengguna smartphone dan atau gadget pasti sudah tidak asing lagi dengan iming-iming pulsa gratis. Bahkan di gadget sudah menjadi spam setiap harinya.

Biasanya iming-iming ajakan seperti hal tersebut di atas disertai dengan sederet daftar diri yang harus diisi. Lebih baik hati-hati dengan ajakan seperti ini.

Kenyataan ini menjadi diskusi menarik dalam webinar Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada hari Selasa (08/06/2021) di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang diikuti oleh 397 peserta.

Mardi, S.Pd, M.Ds salah satu narasumber dalam webinar kali ini menjelaskan, sesuatu yang gratis seperti pulsa gratis pada perusahaan yang berulang tahun begitu kita sudah mengetik tanpa harus mengisi data-data kita lalu ada iming-iming pulsa atau dana dan sebagainya yang kita didaftarkan disana, ini menjadi dilemma tersendiri.

“Dari situlah akan dimanfaatkan sesuatu yang kurang bagus untuk itu sudah ada grup lain sehingga orang lain dapat terjebak dan kita tidak bisa memperbaiki data tersebut,” ungkap Mardi.

Tujuan utama Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar webinar Literasi Digital ini karena diharapkan masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 10 juta orang terliterasi dan diharapkan meningkat menjadi 50 juta orang di tahun 2024 mendatang.

Literasi Digital yang mengangkat tema besar Indonesia Makin Cakap Digital ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills). [*]

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *