Loading...

Monday, September 20, 2021

Dampingi Penggunaan Internet Pada Anak dengan Cara yang Tepat

Marketplus.co.idPenyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I yang digelar Kemkominfo kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jombang.

Acara ini menghadirkan 4 narasumber yaitu Inayah Sri Wardhani, S.Psi, Fidaus Rahman, Vivid Sambas, ST. MMT, Indriyanto Banyumurti dan Timothy Marbun. Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 246.

Menurut Vivid Sambas, saat ini banyak konten yang tersedia di media maya. Kadangkala konten tersebut kurang sesuai dengan tingkat usia anak. Hal ini juga membuat anak tersesat pemikirannya.

“Kuncinya adalah internet itu bersifat netral. Bagaimana kita memanfaatkan internet, apakah itu secara positif atau tidak, yang dapat memfilter konten-konten tersebut adalah kita sendiri. Jika anda adalah orangtua, bisa menggunakan teknik sharenting dan menggunakan family link sebagai bentuk controlling pada anak,” jelas Vivid.

Ia juga menambahkan, pertegas aturan-aturan kepada anak, sehingga anak juga dapat memahami mana yang boleh dan tidak boleh. Apabila anak berada pada usia remaja atau mulai beranjak dewasa, dampingi anak secara personal, pahami keunikan masing-masing anak sehingga kita dapat mengarahkan anak agar dapat memanfaatkan dampak positif dari konten-konten yang tersedia di dunia maya.

“Contohnya dengan menggunakan video di Youtube sebagai alat pembelajaran,” imbuhnya.

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *