Loading...

Monday, June 14, 2021

Tips Mencegah Candu Digital pada Anak

Marketplus.co.idKementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I yang kali ini diselenggarakan di kabupaten Ponorogo.

Acara dipimpin oleh Moderator, Deborra Immanuella, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Muhammad Arifin, M.Ag, Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T, Vivid Sambas, Ulil Albab dan Rizky Ardi Nugroho.

Dengan jumlah 322 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Menurut Muhammad Arifin,  pengaturan yang tepat untuk anak-anak agar tidak kecanduan gadget namun tetap dapat melek literasi digital caranya adalah dengan pendampingan yang maksimal.

“Anak-anak perlu didampingi di tengah masyarakat dalam berteman supaya jangan sampai terjebak di situs yang berbahaya. Kecanduan gadget hampir sama seperti kecanduan narkoba, untuk mengembalikan itu susah. Termasuk guru dan orang tua, tokoh agam itu wajib tidak bosan untuk memberikan pencerahan. Selain itu, kita perlu mencari teman sebayanya, kita harus cari teman dekatnya. Kita ajak diskusi dan mempengaruhi hal positif supaya lepas dari kecanduan. Serta perlu tau hobi anak tersebut agar fokus pada hobi dibandingkan kecanduan gadget. Harus diskusi dan arahkan mana yang positif dan negatif dalam penggunaan gadget,”paparnya.

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar   literasi digital.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *