Loading...

Saturday, July 31, 2021

Waspadai Platform Penipuan, Jangan Asal Klik

Marketplus.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan   Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I yang kali ini diselenggarakan di Kota Surabaya.

Acara ini menghadirkan 4 narasumber yaitu Ir. Andre Parvian Aristio, SKom., M.Sc., Dr. Darsono, Drs,  M.Si, M. Alvin Nur Choironi, Tio Prasetyo Utomo dan Key Opinion Leader Kunjung Wahyudi.

Menurut Alvin Nur Choironi, untuk memfilter dengan tepat  spammer dari berbagai platform, sebaiknya   dicek lebih lanjut mengenai siapa pengirimnya dari instansi mana maupun dicek pada laman web official, serta keterkaitannya dengan pesan yang diberikan perlu dibuktikan dan mencari info sebnyak mungkin.

“Jangan langsung menelaah atau asal pencet link karena penipu sekarang lebih pintar sistemnya bahkan apabila kita asal memencet link data pribadi kita dapat dicuri bahkan disalah gunakan,” tukasnya.

Ia juga menambahkan, Kemkominfo memiliki tim khusus untuk dapat memblokir situs maupun nomer yang sering melakukan penipuan, konten sara dan negatif.

“Kita pun bisa melaporkan ke Kominfo untuk masalah penipuan dan sebagainya,” ujar Alvin.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *