Loading...

Monday, June 14, 2021

Tangani Anak yang Kecanduan Gadget Sebelum Terlambat

Marketplus.co.idPenyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini tiba di kabupaten Bojonegoro.

Acara yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI)  ini menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. Nasrul Syarif, M.Si, Daniel Octavianus Atmadja, B.Bus, Retno Aulia Vinarti, S.Kom, M.Kom, Ph.D, Inayah Sri Wardhani, S.Psi  dan Kunjung Wahyudi.

Bagaimana mengatasi anak di bawah 5 tahun yang sudah kecanduan Gadget menjadi topik hangat dalam webinar kali ini. Menurut Inayah Sri Wardhani, berdasarkan pengalamannya, anak-anak yang kecanduan mengalami permasalahan psikologis tentang ketergantungan dan mengakibatkan minus pada mata.

Karena anak-anak sendiri tidak bisa mengontrol keingintahuaannya terhadap sesuatu yang baru apalagi di penggunaan gadget atau sejenisnya. Maka proteksi orangtua yang perlu ditekankan untuk mengawasi dan memberikan edukasi.

“Perlu melakukan kegiatan edukasi lainnya untuk mengalihkan sang anak dengan menggantikan kegiatan permainan yang melatih daya motorik dan dapat sekaligus memberikan pemahaman bahwa bermain gadget secara berlebih dapat menghasilkan efek buruk bagi dirinya,”ujarnya.

Selain itu, Retno Aulia Vinarti, juga menuturkan, butuh konsistensi untuk pengalihan dan tergantung pola asuh yang keliru mulai sekarang tidak ada kata terlambat untuk para orangtua mengedukasi.

Meskipun tidak ada Pendidikan mengenai pola asuh orangtua namun pembelajaran melalui pengalaman lebih berharga, walaupun berawal dari kesalahan tentang kebiasaan apabila diimbangi dengan perubahan dan konsistensi maka akan terjadi kesinambungan.

“Ada tahapan kecanduan anak bis akita amati dengan pola ketergantungan mereka serta harus adanya pola proteksi pengawasan terhadap anak,” kata Retno.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *