Loading...

Wednesday, December 01, 2021

Pentingnya Vaksinasi Untuk #LindungikuLindungimu di Era Pandemi

Marketplus.co.id – Dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia, Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) berkolaborasi dengan Sanofi Pasteur untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi di era COVID-19 dengan cara #LindungikuLindungimu untuk mencapai herd immunity dengan melakukan kegiatan konferensi pers virtual. Dalam konferensi pers ini, Dr. Suzy Maria, Sp.PD,K-AI, Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia, turut hadir sebagai moderator.

Berdasarkan rekomendasi WHO, vaksinasi dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan secara luas diakui sebagai salah satu intervensi kesehatan yang paling sukses dan hemat biaya di dunia. Sayangnya, penyebaran virus secara global yang menyebabkan pandemi COVID-19 mengakibatkan risiko terganggunya kegiatan imunisasi rutin karena adanya pembatasan mobilitas yang berdampak pada sistem kesehatan dan penurunan pelaksanaan vaksinasi.

Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI., Ketua Umum PERALMUNI, mengatakan “Seperti yang kita ketahui, kondisi pandemi turut berpengaruh terhadap jadwal dan tata cara pelayanan imunisasi baik di Posyandu, Puskesmas, rumah sakit maupun di fasilitas kesehatan lainnya. Padahal, sejak tahun 2000, vaksinasi untuk mencegah penyakit menular telah menyelamatkan 37 juta jiwa di negara berpendapatan rendah dan menengah[ii]. Selain itu, pengendalian penyakit menular melalui vaksinasi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan angka harapan hidup menjadi 15 – 25 tahun]”.

PERALMUNI berkomitmen untuk memajukan dan mengembangkan pengetahuan di bidang Alergi-Imunologi untuk kepentingan kesehatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

“Untuk itu, kami berkolaborasi dengan Sanofi Pasteur untuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya vaksinasi, dan mengimbau mereka untuk tidak menunda vaksinasi meskipun di tengah pandemi seperti saat ini,” ujarnya.

Joselito Del Mundo Sta. Ana, MD, MPH – Country Lead Sanofi Indonesia & GM Sanofi Pasteur Indonesia menyampaikan, “Sanofi Pasteur berkomitmen untuk menjadi mitra pelayanan kesehatan yang terpercaya dan terintegrasi, baik secara global maupun di Indonesia. Maka dari itu, kami mendukung penuh program vaksinasi nasional yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan misi kami untuk memastikan bahwa tidak ada yang menderita atau meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Terbukti dengan hingga tiga juta nyawa yang diselamatkan setiap tahun karena vaksinasi.”

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *