Loading...

Saturday, July 31, 2021

“Dari Bumi untuk Bumi dan Mari Bertumbuh Bersama” Pupuk Dinosaurus

Marketplus.co.id – Pupuk hayati Dinosaurus merupakan salah satu pupuk hayati hasil produksi lokal yang sudah terbukti kualitasnya.

Selain memiliki fungsi mengembalikan kesuburan tanah, Pupuk Dinosaurus juga dapat membantu proses fiksasi nitrogen pada tanaman, menghasilkan enzim pertumbuhan yang mempercepat pertumbuhan bakal buah, meningkatkan hasil panen, melindungi tanaman dari patogen penyebab penyakit, dan meningkatkan daya tahan alami tanaman.

Pupuk Dinosaurus telah digunakan di beberapa demplot atau demonstration plots (lahan percobaan) di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Bogor dan Cianjur di Jawa Barat, Indramayu dan Situbondo di Jawa Timur sampai ke Tungkaran Banjar di  Kalimantan Selatan.

Keuntungan dari penggunaan pupuk ini dapat dilihat dari hasil panen yang meningkat secara signifikan hingga 100%  dan mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pestisida sehingga dapat menghemat biaya.

Selain memperkenalkan fungsi pupuk hayati kepada para petani, Pupuk Dinosaurus juga terus menganjurkan praktik pertanian yang alami kepada para petani.

Dikelola dengan sangat baik oleh seorang pengusaha muda, Freddy Wijaya yang sekarang menjabat sebagai Pendiri PT. Pramudita Darya Prama, produsen Pupuk Dinosuaurus di Indonesia, pria berusia 29 tahun ini juga mengusung konsep ‘pengendalian hama’ dan bukan ‘pembasmian hama’.

Menurut Freddy, dengan mengenal sifat hama, maka petani dapat memanfaatkan pemangsa alami hama dan tanaman refugia (tanaman yang tumbuh di sekitar tanaman yang dibudidayakan, yang berpotensi sebagai tempat perlindungan dan sumber pakan bagi pemangsa alami hama baik predator maupun parasit).

Hal tersebut dilakukan agar pelestarian hama alami tercipta dengan baik. Untuk mengendalikan jumlah hama pada lahan pertanian tanpa harus menggunakan pestisida kimia yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

“Kami akan terus mendukung para petani Indonesia dengan sepenuh hati agar tercipta kesejahteraan bagi petani Indonesia, dan pertanian yang berkelanjutan bagi Indonesia untuk diwariskan kepada generasi penerus bangsa,” ujar Freddy.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *