Loading...

Saturday, September 18, 2021

Inilah Trend Berwisata Pasca Pandemi

Marketplus.co.id  Pandemi Covid-19 yang juga belum berakhir menjadi perhatian khusus para pelaku wisata Tanah Air. Terutama terkait dengan tren destinasi yang akan mereka kunjungi usai pandemi.

Menurut Tedjo Iskandar, Founder TTC Travel Mart, beberapa tren orang berwisata mengalami perubahan dan menunggu negara percaya diri membuka jalur wisatanya.

“Dalam catatan TTC terjadi tren dimana peserta atau tamu ingin melakukan perjalanan yang pendek, tidak transit, rutenya bisa custom, untuk grup masih skala kecil. Sementara gaya hidup untuk menginap di hotel sudah mulai menurun dari yang biasanya bintang 5 menjadi bintang 4,” ungkap Tedjo dalam bincang ringan dengan Himpunan Anak Media (HAM) bertajuk “Destinasi Favorit Setelah Pandemi di Dalam & Luar Negeri”  (26/03).

Pengamat Pariwisata ini pun mencatat bahwa ada tren wisatawan bakal berkunjung ke destinasi yang unik, bukan lagi destinasi yang umum. Wisatawan pun mulai menikmati perjalanan outbound yang terkait dengan alam atau adventure.

Beberapa destinasi Indonesia juga sangat menarik selain Bali, 5 destinasi super prioritas bakal menjadi incaran utama setelah pandemi selain aktivitas outbound.

“Kami pun mencatat ada kegemaran baru melancong dengan menggunakan kendaraan pribadi atau self driving seperti campervan. Fenomena ini mustinya dapat ditangkap oleh tour operator untuk mengembangkan market ini,” terangnya.

Tedjo juga menambahkan,  ada tren baru untuk orang Indonesia berkunjung ke luar negeri. Negara middle east alias Timur Tengah seperti, Turki, Dubai, Mesir, Yordania, Israel, Uzbekistan dan Moroko dalam 6 bulan terakhir menjadi perhatian khusus TTC.

“Beberapa tour operator telah menjual paket ke Turki dan wisatawan Indonesia pun telah ada beberapa yang berkunjung ke sana. Harga yang ditawarkannya pun cukup terjangkau,” terangnya.

Wisata religi pun diperkirakan bakal meledak setelah pandemi. Salah satunya Umroh Plus yang dipaketkan dengan Turki, Yordania, Mesir atau bahkan Maroko.

“Arab Saudi sempat membuka diri, namun belakangan ditutup kembali karena dikhawatirkan pengunjungnya meledak di tengah pandemi ini. Kemudian Israel pun diprediksi bakal menjadi favorit untuk dikunjungi untuk umat Kristiani, pun demikian dengan India bagi umat Hindu dan Budha,” papar Tedjo.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *