Loading...

Monday, April 19, 2021

Tips Aman di Rest Area saat Workation

Marketplus.co.idWorkation adalah kombinasi antara bekerja dan rekreasi. Fungsi utama dari workation adalah untuk membangun tim yang kuat, share  ide, dan tujuan dari perusahaan yang ingin dicapai. Workation tak cuma menjadi solusi untuk menyeimbangkan antara bekerja dan rekreasi, tapi juga meningkatkan produktivitas. Salah satu cara yang asik buat workation adalah road trip!

Indonesia memiliki banyak destinasi untuk melakukan road trip, sebut saja beberapa destinasi di Pulau Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, dan masih banyak lagi. Namun kondisi pandemi Covid-19, seakan memaksa siapa saja yang melakukan perjalanan untuk menerapkan protokol kesehatan berdasarkan CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Lewat aksi #InDOnesiaCARE Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menekankan penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE secara ketat dan disiplin menjadi kunci utama dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Proyeksi pemulihan pariwisata ini akan bergantung sekali pada kasus COVID-19. Jika kita bisa single atau double digit (angka penularan kasus COVID-19) tentu akan sangat luar biasa sehingga akan membangun confidence to travel dari wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, awal Februari 2021.

Nah biar tetap aman selama road trip, khususnya saat harus singgah di kawasan rest area, berikut hal yang patut dilakukan:

Patuhi protokol kesehatan

Di mana saja kita berada, tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, jika hendak ke toilet jangan lupa bawa disinfektan atau tisu basah yang mengandung alkohol agar kebersihan dalam toilet tetap terjamin.

Hindari tempat ramai

Biasanya cafe atau pujasera menjadi tujuan utama ketika singgah di rest area. Jika melihat tempat tersebut cukup ramai, sebaiknya tunggu sejenak hingga situasi agak kondusif. Tapi jika perut sudah tak bisa kompromi, mintalah seorang perwakilan dari rombongan untuk memesan kuliner untuk disantap dalam kendaran. Ingat, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Jangan lengah apalagi ceroboh!

Buang sampah pada tempatnya

Biasanya ketika melakukan perjalanan darat, tempat sampah menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan. Nah, ketika tiba di rest area sebaiknya lekas buang sampah yang ada dalam kendaraan ke tempat yang telah disediakan. Setelah itu, bersihkan kembali wadah sampah yang ada dalam kendaraan dengan alkohol sebelum dimasukkan lagi ke dalam kendaraan. Gak masalah dibilang lebay, yang penting road trip aman dan kita tetap sehat.

Berwisata di tengah pandemi bukanlah hal yang menakutkan, asal kita selalu patuh pada protokol kesehatan. Selain kebersihan objek wisata, kesehatan selama berwisata adalah hal yang perlu dijaga.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *