P&G Lakukan Pemberdayaan 300 Guru dan Orang Tua Di Jawa Barat

P&G Lakukan Pemberdayaan 300 Guru dan Orang Tua Di Jawa Barat

Marketplus.co.id – P&G Indonesia bersama dengan Save the Children Indonesia menggelar program Indonesia Volunteers Community Impact (CommPact – dibaca Kompak!). CommPact merupakan program kegiatan virtual mentoring yang dilakukan oleh 90 karyawan dan partner distributor P&G Indonesia untuk berbagi kisah inspiratif dan pelatihan kilat kepada lebih dari 300 guru dan orang tua di wilayah Jawa Barat.

Kegiatan Virtual Mentoring CommPact berlangsung selama 4 minggu dan memiliki target sekitar 1.000 jam volunteering hours yang harus dipenuhi selama program berlangsung.

Kegiatan relawan ini merupakan perpanjangan aktifitas dari program kerjasama global antara P&G Global dan Save the Children International, #WeSeeEqual. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan kesetaraan gender di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat melalui intervensi nilai-nilai #WeSeeEqual. Di Indonesia, program #WeSeeEqual yang dimulai di tahun 2018, saat ini difokuskan di provinsi Jawa Barat dan telah memasuki fase kedua.

Dalam kegiatan Virtual Mentoring ini, para peserta dibagi menjadi 30 kelompok kecil yang masing-masing terdiri dari 3 volunteers P&G dan 10 penerima manfaat #WeSeeEqual yang berasal dari beberapa sekolah Bandung dan Cianjur.

LV Vaidyanathan selaku President Director Procter & Gambler Indonesia mengungkapkan “Memberi kembali kepada masyarakat, merupakan hal paling utama bagi P&G. Tidak hanya terus menghasilkan produk yang terbaik, P&G juga terus berinisiatif menjalankan program tanggung jawab sosial yang memberikan dampak berarti bagi komunitas di sekeliling kami. Kami yakin dukungan kami merupakan pendorong yang tepat untuk menciptakan pertumbuhan yang kuat; force for good, force for growth”.

Save the Children Indonesia, lembaga nirlaba yang berfokus pada kesejahteraan anak-anak di Indonesia, menyambut positif dukungan P&G Indonesia. “Kemitraan Save the Children dengan P&G bersifat long-term. Kami sangat senang dengan inisiatif dan semangat para relawan P&G atas kesedian mereka meluangkan waktu setiap minggunya bagi para beneficiaries. Inisiatif ini merupakan yang pertama di Indonesia, yang kami yakin akan memberikan dampak berarti bagi komunitas. Semoga inisiatif ini memberikan ripple effect bagi pendonor lainnya,” ujar Rizal Algamar selaku Chief of Business Development Save the Children Indonesia.

Kegiatan Virtual Mentoring akan terbagi menjadi 4 pertemuan dimana pada setiap pertemuan, para mentor akan memberikan pelatihan skillset yang topik pembahasannya seputar pembelajaran jarak jauh dan kiat menghadapi tantangan selama pandemi. Topik-topik mentoring terdiri dari: literasi digital, pembelajaran kreatif, eksplorasi sosial media, pemahaman terhadapstandar kebersihan Sekolah dan Rumah, pola asuh positif dan kedisiplinan, hingga eksplorasi terhadap berbagai komunikasi visual.

Sementara itu, Head of Corporate Communications P&G Indonesia Dinda Kusumawardani mengungkapkan “Selain untuk memberdayakan guru, orang tua dan para siswa, kegiatan Virtual Mentoring ini kami harapkan dapat disebarluaskan oleh peserta ke komunitas di sekitar mereka. Seperti train the trainers, melalui sesi seperti ini mereka akan dapat berbagi, bertukar pikiran, dan saling menguatkan satu sama lain, dimana hal itulah yang sangat dibutuhkan di masa sekarang ini”

Dinda menambahkan, setiap kelompok akan menghasilkan satu output yang dinamakan The Equal Project di akhir kegiatan mentoring. Outputnya berupa produk komunikasi yang dapat digunakan dan direaplikasikan oleh guru maupun orang tua untuk mengkampanyekan kesetaraan gender, sekolah dan keluarga sehat ataupun pencegahan COVID-19 di lingkungan komunitas.

Memberikan dampak berarti kepada komunitas merupakan salah satu pilar Kemanusiaan (citizenship) P&G. Kedepannya kami harap para guru, orang tua dan siswa dapat menerapkan pembelajaran yang diberikan para volunteers P&G, menginternalisasikan norma positif #WeSeeEqual dan lebih tangguh dalam beradaptasi di era new normal.

Please follow and like us:
CSR Lifestyle News flash Social Responsibility