Svarga Bumi, Menyulap Area Persawahan jadi Spot Foto Asyik Berlatar Borobudur

Svarga Bumi, Menyulap Area Persawahan jadi Spot Foto Asyik Berlatar Borobudur

Marketplus.co.id – Letaknya yang tak jauh dari Candi Borobudur membuat destinasi wisata yang baru dibuka Agustus 2020 lalu ini jadi favorit para penggila swa foto.

Pemandangan persawahan yang ditata apik dan dilengkapi sejumlah spot foto menarik menarik, menjadikan Svarga Bumi diserbu jamak pengunjung. Bahkan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sempat menyambanginya dengan memboyong sejumlah artis.

(Ki-Ka); Putranto Cahyono, Pengelola Svarga Bumi, dan Vinsensius Jemadu, Direktur Pemasaran Regional I Kemenparekraf pada press tour Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) di Jawa Tengah, (29/9).

Menurut Putranto Cahyono, Pengelola Svarga Bumi, ide awal membuat Svarga Bumi sebagai second layer setelah Candi Borobudur. Konsep yang diangkat adalah pelestarian alam dengan menampilkan pemandangan alam sebagai background.

“Selama ini, sawah identik dengan warga kelas bawah. Nah, melalui Svarga Bumi ini, kami ingin sawah bisa naik kelas. Di sini sawah juga tetap dilestarikan, tetap produktif. Petani juga diberdayakan dan ekonomi kreatif akan muncul,” ujar pria yang akrab disapa Pungky, (29/9).

Ia juga menambahkan, areal persawahan di Svarga Bumi milik warga setempat. Pengelola hanya menyewa tempat, lalu uang sewa dan hasil pertanian tetap menjadi milik warga. Pengelola hanya menerima pendapatan dari tiket masuk. Bahkan, pengelola juga membantu petani mulai dari tanam, pupuk hingga panen.

“Kami ingin membantu warga dan memberdayakan mereka lewat pertanian dan ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Pengelola Svarga Bumi mematok harga tiket masuk Rp25.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Harga tiket tersebut, menurut pengelola, digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan berbagai spot swafoto seperti ayunan, ranjang jaring-jaring, hingga kursi gantung berlatar belakang pemandangan sawah.

Please follow and like us:
Articles Highlight Pariwisata Travel Trip & Travel