Therabex: Cara Sehat Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Therabex: Cara Sehat Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Marketplus.co.id Produk suplemen vitamin keluaran Combiphar, Therabex berbagi cara sehat penuhi kebutuhan vitamin harian, dengan menampilkan narasumber Weitarsa Hendarto, Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar dan dr. Carlinda Nekawaty, Medical Expert Combiphar.

Menurut Weitarsa Hendarto, Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar, PSBB versi ketat yang diberlakukan oleh pemerintah 2 pekan kemarin menjadi bukti bahwa risiko penyebaran virus masih cukup tinggi dan menuntut kita untuk menjadi lebih disiplin dalam menerapkan perilaku hidup bersih sehat.

“Penggunaan masker dengan benar, menjaga jarak dan memperhatikan kebersihan diri harus tetap dilakukan. Tak hanya itu, memenuhi kebutuhan asupan vitamin dari makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari juga merupakan hal penting, mengingat hal tersebut dapat membantu kita mendapatkan daya tahan tubuh secara optimal di tengah kondisi saat ini,” ujar Weitarsa Hendarto, Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar, (28/9).

Daya tahan tubuh memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari, utamanya dalam mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Daya tahan tubuh yang baik berasal dari sistem imunitas tubuh yang baik pula.

  1. Carlinda Nekawaty, Medical Expert Combiphar mengatakan, “Ada banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh dengan meningkatkan fungsi sistem imunitas di tubuh kita. Yang paling sederhana adalah dengan memperhatikan kebutuhan asupan vitamin yang masuk ke tubuh lewat makanan, terutama asupan vitamin yang dapat menunjang daya tahan tubuh itu sendiri. Di antaranya adalah vitamin C dan vitamin B.”

Menurut dr. Carlinda, dengan mengetahui komposisi kebutuhan vitamin yang tepat, tubuh dapat mengoptimalkan sistem imunitas hingga risiko kesehatan dapat dihindari.  “Dalam kondisi normal, kebutuhan vitamin C pada orang dewasa adalah 75-90 mg/hari. Sementara, kebutuhan vitamin B harian rata-rata berkisar: B1 – 1.2 mg/hari, B2 – 1.3-1.6 mg/hari, B3 – 12-15 mg/hari, B5 – 5 mg/hari, B6 – 1.3 mg/hari, B7 – 30 mcg/hari, B9 – 400 mcg/hari, dan B12 – 2.4 mcg/hari. Untuk kelompok yang cukup rentan seperti ibu hamil dan masyarakat usia lanjut, sudah pasti memiliki kebutuhan vitamin lebih tinggi,” ungkapnya.

Untuk mengetahui cara sehat dan tepat dalam memenuhi asupan vitamin harian, berikut tips yang dibagkan oleh dr. Carlinda:

  1. Mengonsumsi sumber makanan bervitamin setiap hari. Asupan vitamin terbaik untuk daya tahan tubuh adalah yang alami dan berasal dari sayur dan buah dengan kandungan vitamin C dan B. Kebutuhan vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayuran seperti jeruk, jambu biji, pepaya, tomat, wortel dan bayam. Serta untuk vitamin B Kompleks dari kacang-kacangan, pisang, alpukat, ditambah dengan susu, telur, daging, dan ikan. Untuk mendapatkan komposisi vitamin yang tepat, lebih baik jika takaran sayur dan buah yang dikonsumsi adalah 48-95 gram[1] per hari.
  2. Batasi konsumsi gula. Konsumsi makanan tinggi glukosa tak hanya meningkatkan gula darah tapi juga mencuri mikronutrien penting dalam tubuh. Gula darah tinggi menyebabkan penyerapan vitamin seperti vitamin C terhambat. Selain itu, mineral penting, seperti kalsium, magnesium, kromium, dan zinc, juga lebih sulit diserap tubuh.
  3. Lengkapi kebutuhan asupan vitamin dengan suplemen. Makanan sehat yang dikonsumsi belum tentu mencukupi semua kebutuhan vitamin, terutama vitamin B dan vitamin C. Konsumsilah suplemen dengan dosis tepat agar tubuh dapat bekerja dengan maksimal melakukan fungsinya.

“Komposisi dan dosis yang tidak tepat, utamanya bagi ibu hamil dan usia lanjut, akan memiliki risiko tak hanya pada daya tahan tubuh namun juga kesehatan secara keseluruhan. Kekurangan vitamin C dan B akan berpotensi timbulkan anemia, penyakit jantung, dan menurunnya sistem imunitas. Jika berlebihan, juga dapat menimbulkan risiko mulai dari diare hingga batu ginjal. Karenanya, dosis tambahan seperti pada vitamin C, sangat disarankan agar tidak melampaui 500 mg kecuali atas petunjuk dokter,” kata dr. Carlinda.

Therabex, suplemen lengkap dengan kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C 500 mg dapat membantu memenuhi kebutuhan harian yang mungkin tidak tercukupi dari asupan makanan. Produk suplemen dari Combiphar yang telah hadir dan dipercaya di Indonesia sejak 1985 ini, bisa dikonsumsi khususnya pada kondisi tertentu seperti masa kehamilan, menyusui, pertumbuhan, penyembuhan dan juga usia lanjut, guna membantu menjaga sistem imunitas tubuh tetap baik. Selain memiliki dosis praktis yang cukup dikonsumsi 1 kali sehari, Therabex juga hadir dalam family pack yang ekonomis, cukup 1 box Therabex untuk 3 orang anggota keluarga selama 1 bulan.

“Bagi Therabex dan Combiphar, membekali diri dengan pengetahuan tentang kesehatan dan menerapkannya sebagai bagian dari tindakan pencegahan sangatlah penting. Untuk itu, tetaplah memprioritaskan kesehatan dengan cara yang tepat agar diri, keluarga dan orang di sekitar kita terhindar dari segala risiko,” tutup Weitarsa.

[1] https://www.healthline.com/nutrition/how-much-vitamin-c-should-i-take-daily#supplements

Please follow and like us:
Articles Expert Says Gaya Hidup Health News flash Rilis Pers