Popularitas Aplikasi Video Pendek di Kalangan Musisi dan Artis

Popularitas Aplikasi Video Pendek di Kalangan Musisi dan Artis

Marketplus.co.id – Berkat adanya platform digital, terutama platform video pendek, penggemar dapat secara langsung berinteraksi dengan artis favoritnya dan merasakan pengalaman yang unik.

Selebritis dan artis independen pun menemukan cara baru untuk membagikan karya mereka ke seluruh dunia dengan cara menciptakan konten. Baik konten live streaming, rekaman di rumah, atau menciptakan interaksi melalui tantangan hashtag, platform video pendek telah menjadi cara otentik untuk dapat terhubung dengan penggemar dan memotivasi mereka untuk mengemas kreativitas dalam beberapa detik melalui konten video pendek.

Salah satu diva Indonesia, Rossa, juga memulai membuat konten di Likee, platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek. Baru saja merilis versi korea baru dari lagu hitsnya “Hati Yang Kau Sakiti”, Rossa membuka akun resmi di Likee, di mana hanya dalam satu bulan, ia sudah mengumpulkan lebih dari 56.000 penggemar, memfasilitasi basis penggemar yang lebih luas untuk membagikan kreasi musik dan mempromosikan karya-karya barunya.

“Beragam fitur yang ada di Likee itu menarik banget. Aku suka bikin konten karena fitur-fiturnya mudah digunakan untuk video kreasi aku. Ini adalah platform yang simple dan efektif untuk buat konten supaya bisa berinteraksi lebih dekat dengan penggemarku, jadi ya kenapa gak dicoba kan,” ujar Rossa.

Ia juga menambahkan, banyak musisi dan artis yang beralih menggunakan aplikasi pembuatan video pendek karena platform ini sederhana, namun dapat digunakan untuk berbagi aktivitas dan berinteraksi dengan para penggemar serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Likee sudah membuktikan bahwa platform video pendek merevolusi cara artis membagikan karyanya dan menghasilkan keterlibatan (engagement) yang lebih besar di industri musik.

Baik pengguna maupun pembuat konten dapat memanfaatkan berbagai referensi musik untuk menemukan cara baru saat mengekspresikan diri melalui video mereka. Dari meluncurkan teaser kreatif atau kampanye untuk acara mendatang hingga membagikan konten eksklusif melalui platform, baik artis maupun pengguna diajak untuk membuat gaya bercerita terbaru dengan menunjukkan kemampuan mereka.

Salah satu hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur unik yang membantu membagikan karya para musisi dan kreator untuk menjangkau lebih banyak orang. Menurut statistik yang dibagikan oleh WordStream, 92% pengguna membagikan video yang mereka tonton di perangkat seluler, membantu memperluas jangkauan penonton artis. Aplikasi ini juga menyediakan beragam sumber dan fitur untuk mendukung mempromosikan karya artis melalui konser live, video klip, atau kolaborasi dengan artis lainnya.

Untuk mempromosikan “Hati Yang Kau Sakiti” versi Korea, Rossa bekerja sama dengan Likee untuk mencapai jangkauan yang lebih luas dan interaksi yang lebih baik dengan para penggemarnya. Likee menyediakan berbagai saluran promosi seperti Open Page, inner-message, berbagai banner, dan tantangan melalui hashtag untuk menciptakan buzz bagi peluncuran lagu terbaru Rossa. Tantangan hashtag #HatiYangKauSakitiKoreanVersion yang diselenggarakan oleh Likee telah menarik perhatian lebih dari 2,8 juta pengguna dan mencapai 4,5 juta penonton, yang membuktikan bahwa platform video pendek menjadi saluran penting untuk membawa promosi musik ke level baru.

Menghubungkan penggemar dengan artis dan brand terfavorit

Semasa pandemi berlangsung, aplikasi ini telah menjadi cara terbaik bagi penggemar untuk mengetahui keadaan artis-artis favorit mereka, yang juga memperkuat interaksi mereka dengan cara yang unik. Seperti Papinka Band yang menghibur para penggemarnya melalui konser live di Likee untuk menemani dan menghibur para penggemar mereka yang sedang berada di rumah dalam rangka mematuhi peraturan social distancing pemerintah pada bulan April lalu.

Tren sosial baru ini menunjukkan bahwa dunia musik dan video pendek bisa menjadi pasangan yang sempurna. Tidak diragukan lagi bahwa fenomena kesuksesan aplikasi video pendek baru-baru ini disebabkan oleh kecocokannya yang luar biasa dengan industri musik. Likee sebagai contoh, selalu beranggapan bahwa bekerja sama dengan pemain di industri musik merupakan bagian yang penting. “Kami menilai menggandeng pelaku industri musik di Indonesia berperan besar dalam fenomena ini. Dari kami, kami bekerja sama dengan berbagai musisi dan artis untuk mempromosikan lagu baru mereka. Kami juga telah berkolaborasi dengan “Grab” untuk menggelar konser langsung online serta bekerja sama dengan “Believe”, salah satu penyedia layanan musik terbesar di dunia, untuk menghadirkan jutaan lagu kepada para pengguna,” kata Kelly Zhang, Country Manager Likee Indonesia.

Bagi jutaan orang, mendengarkan artis, lagu, atau band favorit mereka bukan lagi sekadar bentuk hiburan, tetapi cara baru untuk bersinar, terinspirasi, dan bahkan mengekspresikan identitas mereka. Sementara bagi para artis, mereka menemukan saluran baru di mana pesan dan karya mereka dapat memiliki dampak yang lebih besar. Saat ini, platform video pendek menghubungkan penggemar dan artis melalui cara yang spesial, tidak seperti platform digital lainnya.

Please follow and like us:
Articles Gaya Hidup Hiburan News flash Rilis Pers Technology Tekno