Loading...

Saturday, April 17, 2021

Inilah Salah Satu Kuliner Favorit Sultan Cirebon

Marketplus.co.id – Selama ini wisatawan yang traveling ke Cirebon, Jawa Barat ketika menikmati kuliner khas pasti sudah familiar dengan Empal Gentong dan Nasi Jamblang. Namun Cirebon ternyata masih punya kuliner khas yang tak kalah enak.

Bahkan, kuliner ini sudah ada sejak masa Sunan Gunung Jati yang termasuk Wali Songo. Adapun Pawon Bogana adalah nasi peninggalan masa Sunan Gunung Jati sekitar 1490-an di Cirebon.

Pawon Bogana merupakan nasi yang kuat aroma rempah-rempah.  Hal tersebut dijelaskan Sultan Keraton Kacirebonan, PR Abdul Gani Natadiningrat kepada wartawan yang tergabung dalam Forwaparekraf di Cirebon, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, selain kuat aroma rempah-rempah, nasi Bogana ini juga merupakan gabungan bumbu dapur yang ada di masyarakat Cirebon.

Nasi Bogana mirip nasi kuning tapi harus dilestarikan di Cirebon. Ia mengaku nasi Bogana sempat redup di masyarakat Cirebon. Karenanya Sultan Kasepuhan Kacirebonan ini berharap pemerintah kota Cirebon tertarik untuk meneruskan peninggalan Sunan Gunung Jati ini.

“Nasi Bogana bisa dihidangkan di HUT Kota Cirebon sehingga nantinya akan membuat masyarakat Cirebon kembali menyukai memasak Nasi Bogana,” ujarnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *