Nusantara Fashion Festival 2020 Gelar Panggung Mode Virtual Bersama 75 Kolaborator

Nusantara Fashion Festival 2020 Gelar Panggung Mode Virtual Bersama 75 Kolaborator

Marketplus.co.idNusantara Fashion Festival 2020 hadir sebagai bentuk inisiatif dari Kementerian BUMN melalui Bank BRI untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan industri mode tanah air. Bertepatan dengan hari raya kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun, NUFF 2020 menghadirkan Virtual Fashion Show terbesar pertama di Indonesia pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2020.

Mempersembahkan karya mode terbaik dari 75 kolaborator perancang busana, label, brand dan UMKM mode untuk 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Selain itu guna mendukung geliat UMKM sektor mode, NUFF 2020 menghadirkan virtual Charity Auction yang dapat diakses melalui situs NUFF 2020 www.nusantarafashionfestival.com dan telah dimulai 16 Agustus 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020.

NUFF 2020 merupakan peragaan mode virtual yang menampilkan ragam produk mode buatan Indonesia, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, fabrik, kerajinan tangan dan riasan.

“Antusiasme dan sinergi semua pihak yang terlibat dalam NUFF 2020 merupakan bentuk semangat kemerdekaan yang dijunjung oleh pekerja seni dan mode Indonesia untuk maju. Kami harapkan Virtual Fashion Show dan Charity Auction NUFF 2020 dapat menjadi wujud perjuangan industri kreatif untuk dapat mengakselerasi UMKM di sektor mode serta mempresentasikan karya dan produk mode tanah air. Dukungan ini juga merupakan bentuk nyata upaya Bank BRI mendukung UMKM yang tengah berjuang untuk bangkit di tengah pandemi” ungkap Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

Panggung mode virtual NUFF 2020 merupakan wadah kolaborasi virtual pegiat mode, musisi dan pekerja seni untuk memanifestasikan ragam kreativitas dan talenta anak bangsa. “Salah satu tantangan dalam menghadirkan panggung mode virtual adalah bagaimana menghadirkan ambience dan juga detail pengalaman menyaksikan produk mode dari layar kaca. Kami menggabungkan karya presentasi mode digital yang memperlihatkan detail dari rancangan, bahan dan identitas dari setiap karya, dipadukan dengan rangkaian acara yang ditayangkan secara live stream.” Ujar Jay Subyakto, Art Director dan Kurator NUFF 2020.

Selain menghadirkan presentasi karya mode, NUFF 2020 juga mendukung dan memberikan ruang bagi UMKM mode untuk berinteraksi dengan konsumen. Hal ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan Tokopedia dan Bukalapak sebagai official e-commerce partner.

“Di situasi pandemi seperti ini, Tokopedia berupaya mendorong semakin banyak pegiat usaha di Indonesia, salah satunya yang bergerak di industri fesyen, untuk mengakselerasi adopsi platform digital demi mempertahankan bisnis, membantu masyarakat memenuhi kebutuhan, serta berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi melalui NUFF 2020. Kolaborasi ini juga sejalan dengan fokus kampanye Tokopedia #JagaEkonomiIndonesia. Sebagai perusahaan teknologi yang menjadi rumah bagi lebih dari 8,6 juta penjual, kami selalu percaya bahwa kunci menghadapi pandemi adalah beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi” Ungkap Kevin Mintaraga, VP Tokopedia.

“Sebagai marketplace dengan misi untuk menciptakan perekonomian yang adil untuk semua melalui akses teknologi yang sama bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk tentunya pelaku UMKM sektor mode, partisipasi Bukalapak dalam NUFF 2020 dan gerakan Bangga Buatan Indonesia adalah kesempatan yang tepat untuk mewujudkannya. Dengan memanfaatkan Bukalapak untuk memasarkan karyanya, para pelaku usaha mode akan terhubung dengan potential market dari seluruh penjuru tanah air dan menikmati proses transaksi yang mudah, nyaman, dan aman secara online. Kami tentunya berharap kontribusi kami ini dapat membawa dampak yang signifikan bagi keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia, sesuai dengan komitmen dan fokus kami sejak awal berdiri” Tambah Erick Wicaksono, VP Marketing Bukalapak.

Didiet Maulana, Kurator UMKM NUFF 2020 mengatakan, “Virtual Fashion Show NUFF 2020 merupakan panggung presentasi mode yang menghadirkan kolaborasi antara UMKM mode, brand dan label fashion, serta perancang busana. Ragam dari industri mode nasional diperlihatkan, mulai dari perancang maestro yang menghadirkan karya couture, brand dan label fashion dengan karya streetwear lokal, kearifan busana lokal serta karya UMKM mode. Sehingga dapat memperkenalkan kualitas dari UMKM mode Indonesia dan juga mengajak masyarakat untuk menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.”

Di hari pertama, panggung mode digital ini mempresentasikan karya dari 59 kolaborator yaitu Aidan And Ice, Amalia Jewel, AMOTSYAMSURIMUDA, Amstamb, Atelier Pedra, BYO, Chiel Shoes, Ciel, Clarissa Kwok, Cotton Ink, Danjyo Hiyoji, Deden Siswanto, Denny Wirawan, Dibba, Égon, Ella & Glo, EPA Jewel, ETU, fbudi, Fréj, Friederich Herman, Hattaco by Rani Hatta, House of Jealouxy, IKYK, Kana Goods, Lekat, Lulu Lutfi Labibi, Mader, Mahija, Major Minor, Massicot, Monday To Sunday, Mote Mote, Noesa, Not Your Birthday, Pala Nusantara, Patrick Owen, Peggy Hartanto, Pendulum, Purana, Pvra, Rama Dauhan, Riana Lombok, Rosalyncitta, Runa Jewellry, ScissorsPaperRock, Sean Sheila, Semomondeezy, Sepatu Compass, SOE Jakarta, Stella Rissa, Straps, Moral, Tangan, Terima Kasih Kembali, Tities Sapoetra, Toton, Tulola, Yogie Pratama.

Di hari kedua panggung mode virtual Special Gala Show NUFF 2020 menampilkan penampilan karya mode dan pertunjukan khusus dari Afgan, Hindia, Rossa, dan Sara Fajira untuk memeriahkan hari ulang tahun Indonesia yang ke-75. Enam belas perancang busana yang akan memperlihatkan karyanya adalah Adrian Gan, Auguste Soesastro, Bin House, Didi Budiardjo, Didiet Maulana, Eddy Betty, Edward Hutabarat, Ghea Fashion Studio, Heaven Tanudiredja, Hian Tjen, Mel Ahyar, Priyo Oktaviano, Rinaldy A. Yunardi, Sebastian Gunawan, Sejauh Mata Memandang, dan Tex Saverio.

Sebagai bentuk kepedulian NUFF 2020 bagi UMKM yang terdampak pandemi, NUFF 2020 gelar virtual Charity Auction. Menghadirkan 10 karya exclusive kolaborasi dari Sepatu Compass x Sejauh Mata Memandang, Darbotz x Bluesville, NIION x Rama Dauhan, HitHat x Stereoflow, Voyej x Dibba, Elhaus x Agugn, Didi Budiardjo x DGTMB, Aesthetic Pleasure x Olderplus, dan TANGAN x Abenk Alter dan Rinaldy A Yunardi x Museum of Toys featuring Putu Arya.

Seluruh produk eksklusif ini dilelang secara virtual melalui situs NUFF 2020. Pelelangan ini dibuka pada tanggal 16 Agustus 2020 dan ditutup di tanggal 31 Agustus 2020 melalui situs NUFF 2020. Seluruh profit yang didapatkan akan disumbangkan bagi UMKM sektor mode yang membutuhkan melalui Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS).

Please follow and like us:
Fashion Highlight