August 7, 2020
Articles

Strategi Chilibeli Hadapi Pandemi di Bulan Suci

Marketplus.co.id – Umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia,  akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 23 dan 24 Mei 2020 mendatang.

Perayaan sakral umat Islam kali ini akan berbeda karena penerapan PSBB dan  pemunduran mudik di segala lapisan masyarakat di  Indonesia. Semua upaya ini diterapkan guna menekan  angka penyebaran Covid-19.

Chilibeli, platform social commerce cerdas yang didirikan di  bulan Juli 2019 lalu, memperkenalkan era baru berbelanja berbagai kebutuhan pangan pokok rumah tangga secara  digital.

Memanfaatkan suasana PSBB dan stay at home, Chilibeli menjawab berbagai tantangan logistik dalam  memasok produk pesanan Mitra dan Sahabat Chilibeli  secara cepat, tanggap, berkesinambungan dan terpadu.

Pendekatan berbasis solusi pada masa pandemi

Kendala pertama yang sungguh  terasa adalah  melambatnya pertumbuhan lini usaha HoReCa (Hotel Restaurant Cafe) yang merupakan lini usaha B2B(business to business) Chilibeli.

Hal ini mempengaruhi angka pasokan menjadi berlebih,khususnya untuk beberapa sembako. Chilibeli dengan sigap memperkuat  jaringan Mitra dan Sahabat di Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan, serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru di Surabaya guna  mendorong penjualan pasokan lebih tersebut.

Dengan diberlakukannnya PSBB, maka kegiatan komunitas pun tertunda. Oleh karena itu, Chilibeli menggencarkan strategi  akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial, sehingga berhasil menjaring ratusan Mitra baru.

Strategi baru tersebut memampukan perusahaan untuk mencapai lebih banyak Mitra dibandingkan sebelumnya, dengan puluhan Mitra baru pada batch perdana dari kota Surabaya.

Sedangkan, bagi masyarakat yang telah menjadi Mitra dan Sahabat, kendala berikutnya adalah penutupan akses mandiri ke berbagai pemukiman Mitra sehingga pesanan terlantar.

Tantangan ini dipecahkan dengan memperbarui aplikasi dan situs Chilibeli.id, yang saat ini produk pesanan Sahabat dapat langsung diantarkan ke rumah  Sahabat yang akses perumahannya tidak ditutup.

Strategi sambut ldul Fitri

Head of Marketing Communications Chilibeli, Yumir Syamsyah Lubis menyoroti sebuah inisiatif  sosial yang tengah dilakukan oleh Chilibeli.

“Kami turut merasakan beban pikiran karena menurunnya pemasukan keluarga yang dialami oleh para Mitra. Kami pun berusaha meringankan beban pikiran dan kegelisahan sejenak dengan memberikan hadiah kecil berupa produk kepada Mitra Chilibeli yang berprestasi. Ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian dan rasa syukur kami terhadap dukungan dan kesetiaan yang senantiasa diberikan Mitra kepada Chilibeli.Kami berencana untuk akan menjadikan inisiatif ini sebagai program harian yang akan berlangsung  selama beberapa bulan kedepan,” papar Yumir Syamsyah Lubis dalam keterangan persnya, (15/5).

Selain itu, sejak awal bulan puasa lalu, Chilibeli telah meluncurkan sebuah inisiatif bertajuk #KebaikanMitraChilibeli- yaitu sebuah kampanye cerita video digital yang menyoroti kisah para Mitra Chilibeli. Kampanye video tersebut diluncurkan selama bulan puasa berlangsung.

Tidak hanya itu saja, Chilibeli juga menghadirkan paket sembako khusus Lebaran dengan harga terjangkau, mulai kisaran Rp.59.000 hingga  Rp.94.900.

Menanggapi harga sembako yang naik terutama menuju Lebaran, Yumir menegaskan bahwa Chilibeli terus memonitor tren dan menyesuaikan harga sesuai dengan harga rata-rata pasar.

“Walaupun suasana dan kondisi perayaan Lebaran tahun ini sungguh berbeda karena PSBB dan himbauan penundaan mudik,kami terus memonitor dan mengikuti perkembangan harga-harga produk sembako populer,dan akan mengikuti harga pasar. Kami memang melihat bahwa pada minggu lalu,harga naik, tetapi tetapi tren harga bahan pangan untuk saat ini cenderung menurun”.

Prediksi tren perilaku konsumen Indonesia pasca-PSBB

Setelah PSBB selesai dan Chilibeli dapat beroperasi  kembali seperti semula, ada beberapa rencana usaha yang menjadi prioritas perusahaan, yakni perbaikan mutu rantai  pasok, pengelolaan logistik, ketanggapan tim, serta terus mendorong pengalaman pengguna aplikasi Chilibeli agar semakin cerdas dan intuitif.

“Berdasarkan beberapa studi yang kami terima, kami melihat bahwa akan adanya perubahan perilaku konsumen untuk menjadikan gaya belanja online sebagai salah satu pilihan berbelanja efisien dan efektif. Terutama bagi konsumen sibuk dengan berbagai peran di dalam rumah tangga – mereka akan mempertimbangkan dan melirik gaya belanja online sebagai sebuah solusi cerdas dalam kesibukan hidup mereka,” tutup Yumir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *