August 15, 2020
Articles

PermataBank Ajak Masyarakat Belanja Cerdas

Marketplus.co.id – Riset dari Analytics Data Advertising (ADA) Indonesia bahwa semenjak adanya pandemi COVID-19, penggunaan aplikasi belanja online (e-commerce) meningkat hingga 300 persen.

Era digital membuat mayoritas pengguna internet di Indonesia akrab dengan aktivitas belanja online, salah satu medium yang digunakan yakni e-commerce.

Global Web Index menunjukkan bahwa Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar dan berkembang paling cepat di Asia Tenggara.

Riset yang dilakukan Ipsos Market Research tahun 2018 menunjukkan bahwa 64 persen dari warganet milenial berbelanja secara online.

Seiring dengan kebiasaan ini, milenial pun menjadi lebih kritis dan cerdas dalam berbelanja, seperti mencari informasi detil melalui internet tentang barang atau jasa yang akan digunakan, hingga menunggu program diskon sebelum membeli sesuatu.

Meskipun milenial sangat selektif dan kritis dalam berbelanja, sebagian dari mereka tetap dipengaruhi oleh keinginan mengikuti tren untuk mengantisipasi Fear of Missing Out (FOMO).

Karenanya, penting bagi milenial untuk mengetahui tips dan trik dalam berbelanja online, termasuk menyeimbangkan dengan tetap menabung. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan selama menjalani #RamadanDiRumahAja:

  1. Berpikir dua kali sebelum membeli. Apakah barang tersebut sesuai dengan budget? Seberapa penting pemakaiannya selama masa pandemi ini? Milenial tentunya akan penuh pertimbangan dihadapi dengan berbagai opsi yang tersedia.
  2. Membuat daftar prioritas sebelum e-commerce hunting. Salah satu cara belanja tepat guna adalah membuat daftar belanja dan membandingkannya dengan berbagai pilihan e-commerce
  3. Berbelanja dengan budget yang telah disisihkan. Disiplin terhadap uang yang kita tabung merupakan salah satu kunci mandiri secara finansial, oleh karena itu penting bagi milenial untuk memiliki budget belanja e-commerce yang telah disisihkan dari tabungan pribadi. Memilih tabungan yang terpercaya dan mendukung gaya hidup kekinian menjadi pertimbangan utama.
  4. Rajin mengikuti promo dan diskon dari e-commerce Beragam promosi dan diskon yang diberikan selama masa #RamadanDiRumahAja tentunya akan menggiurkan, namun kita bisa lebih bijak dalam memilih keuntungan yang diberikan oleh tabungan. Salah satu contohnya adalah promo cashback 20% yang diberikan oleh kartu debit PermataME ketika berbelanja di rekan e-commerce terpilih.

PermataBank melalui salah satu produknya, PermataME, memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, khususnya selama bulan Ramadhan.

Djumariah Tenteram selaku Director of Retail Banking PermataBank memaparkan, “Kami berusaha menjawab kebutuhan belanja online melalui PermataME sebagai lifestyle digital saving yang memberikan beragam keuntungan, serta memfasilitasi milenial untuk tetap dapat menabung.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *