August 10, 2020
Articles

Cordlife Hadirkan Layanan Tes DNA Terbaru

Marketplus.co.id – Tes DNA lazim diketahui masyarakat sebagai tes pada sampel kromosom gen untuk mencari tahu hubungan kekerabatan seseorang. Dimana dari penelitian tersebut bisa ditelusuri jejak asal-usul nenek moyang setiap manusia karena DNA (deoxyribonucleaic acid) secara umum berfungsi untuk menyimpan informasi dan menentukan karakteristik biologis pada makhluk hidup, sekaligus membawa informasi genetika. Dalam ilmu forensik, DNA di dalam darah, kulit, atau rambut bahkan dapat diteliti untuk mengidentifikasi korban tindak kriminal yang tidak memiliki identitas hingga meneliti tersangka melalui metode DNA Profiling.

Namun banyak orang belum mengetahui bahwa seiring dengan perkembangan dunia medis khususnya penelitian terhadap DNA, tes DNA kini dapat menelusuri jejak profil kesehatan seseorang, resiko kesehatan, serta perbaikan gaya hidup yang diperlukan untuk mendukung kesembuhan hingga menjaga kesehatan tubuh manusia dari penyakit. Sebagai penyimpan informasi biologis, tes DNA menjadi sangat penting dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Sehubungan dengan semakin luas kepentingan dan fungsi tes DNA bagi kesehatan masyarakat, PT Cordlife Persada (Cordlife) yang selama ini dikenal berfokus pada ibu dan anak melalui layanan penyimpanan darah tali pusat, kini mengembangkan layanan tes DNA/uji genetis melalui Cordlife Genetic di Indonesia.

Talitha A. Prameswari, Product Marketing Manager PT Cordlife Persada, yang ditemui dalam acara Health Talkshow bertajuk “Your DNA Says A Lot About You” pada Jumat 28 Februari 2020 di Pantai Mutiara Sports Club, mengatakan bahwa kehadiran layanan baru tes DNA ini sebagai solusi dari Cordlife kepada konsumen Indonesia yang semakin peduli terhadap kesehatan, agar dapat menyiapkan segalanya bagi keluarga dan diri sendiri.

Produk andalan Cordlife Genetic adalah Genesis 2.0 dimana tes DNA ini merupakan tes genetik paling komprehensif yang dapat mendeteksi hingga lebih dari 360 panel melalui pemeriksaan dari lebih dari 1400 gen. Tes ini dapat membantu untuk melakukan perubahan gaya hidup ataupun tindakan preventif yang dibutuhkan dalam mencegah penyakit.

“Cordlife Genetic melalui Genesis 2.0 mampu menganalisis lebih dari 360 panel meliputi resiko penyakit, kondisi terkait gaya hidup, karakteristik fisik dan lainnya, sehingga dapat menemukan informasi mengenai tipe metabolisme untuk mencapai tujuan diet yang tepat, serta aplikasi gaya hidup yang tepat untuk mendapatkan bentuk badan ideal dan mengetahui tipe otot serta tipe diet yang sesuai genetis,” ujar Talitha A. Prameswari.

Pada era globalisasi modern, gaya hidup masyarakat sangat berpengaruh dalam kesehatan manusia. Oleh karena itu, Cordlife juga menghadirkan produk uji genetis yang berguna untuk penelusuran kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup manusia dengan menghadirkan produk Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin dan Cordlife Genetic Sport.

Gaya hidup sehat dengan melakukan diet sangatlah populer dan telah diaplikasikan oleh banyak orang. Sayangnya banyak orang yang melakukan diet namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan karena kurang memahami metabolisme tubuh. Oleh karena itu, Cordlife Genetic Diet merupakan produk tes DNA untuk mencari informasi kebutuhan akan nutrisi dan diet, dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan obesitas dan penambahan berat badan. Hasil ini akan mendukung program gaya hidup sehat yang dilakukan dalam keseharian dan menyesuaikan dengan tipikal metabolisme tubuh.

Untuk membantu memelihara kecantikan, Cordlife menghadirkan produk Cordlife Genetic Skin. Tes DNA ini merupakan tes genetis untuk kebutuhan terkait kulit & kecantikan dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan proses penuaan kulit yaitu UV & proses oksidasi dari sel kulit. Tes ini memberikan gambaran bagaimana kulit terpengaruh oleh sinar ultraviolet ataupun kemampuan untuk mengeliminasi oksigen aktif (antioksidan) dan memberikan informasi mengenai proteksi kulit optimum dan regimen kecantikan.

Produk lainnya adalah Cordlife Genetic Sport, dimana Tes DNA ini merupakan uji genetis untuk kebutuhan terkait olahraga dengan menganalisis satu gen yang terkait dengan perkembangan otot. Tes ini memberikan gambaran tips dan saran terkait olahraga dan memprediksi tipe olahraga yang sesuai. Dengan mengetahui tipe genetik otot, maka seseorang dapat menentukan apakah dirinya lebih baik memilih olahraga yang berfokus pada power (kekuatan) atau endurance (ketahanan).

Produk Cordlife Genetic dari Cordlife disertifikasi oleh Dewan Perlindungan Informasi Genetik Individu (CPIGI), dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan lebih dari 800.000 sampel telah diuji serta memiliki database terbesar untuk gen Asia. Dengan dukungan fasilitas terbaik dan sarana teknologi tinggi dari Cordlife, tes sampel dapat dikumpulkan dengan mudah yaitu hanya melalui air liur (saliva) dan memberikan hasil yang komprehensif dengan tingkat akurasi 98%.

“Cordlife menghadirkan analisis mendalam dan rekomendasi terhadap keseluruhan produk tes DNA, baik itu Genesis 2.0, Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin dan Cordlife Genetic Sport, dimana tampilan hasil tes meliputi profil resiko berdasarkan gen, penjelasan mendetail untuk setiap penyakit/kondisi serta rangkuman dari tingkat resiko. Cordlife Genetic cocok untuk setiap orang dengan gaya hidup aktif dan berorientasi kesehatan, serta menyadari pentingnya mengoptimalkan potensi diri dan menyiapkan beragam hal baik untuk masa depan,” tutup Talitha A. Prameswari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *