August 12, 2020
Articles

Palembang Triathlon Awali ITS 2020

Marketplus.co.id – Kota Palembang, Sumatera Selatan, akan membuka rangkaian Indonesia Triathlon Series 2020. Pada seri pertama tersebut, Palembang Triathlon 2020 akan digelar pada 22-23 Februari mendatang.

Rangkaian ITS 2020 pun akan menyugukan konsep menantang bagi para atlet. Pasalnya, ajang kali ini diberlakukan sistem poin yang akan dikumpulkan atlet sebagai bekal ke seri berikutnya.

Palembang Triathlon kali ini tidak hanya untuk atlet elit saja, tetapi juga diperuntukkan bagi komunitas. Menurut Ahmad Wazir Noviadi, Ketua Pelaksana Palembang Triathlon 2020, pemula berusia 14-16 tahun masuk kategori Youth, dan yang di atas 16 tahun masuk ke Age Group dengan pengelompokkan umur 17-23, 24-29 dan seterusnya sampai 60 tahun ke atas.

Para peserta komunitas kategori Age Group, baik individu atau relay, bisa memilih jarak Sprint Distance (renang 750m, sepeda 20km, dan lari 5km) atau Standard Distance (renang 1.500m, sepeda 44km, dan lari 10 km). Untuk Youth Distance, peserta individu harus berenang 300m, sepeda 10km dan lari 3km.

Atlet Triathlon nasional, Jauhari Johan, peraih medali emas di SEA Games 2019, nantinya juga ikut ambil bagian. Dia bertanding melalui undangan kategori Atlet Elite, sama halnya seperti kategori Military.

“Di luar itu, calon peserta Palembang Triathlon termasuk komunitas, bisa mendaftarkan diri langsung via website resmi kami. Pendaftaran juga masih dibuka dan kuota kami cuma sampai 500. Jadi jangan sampai ketinggalan,” Noviadi melanjutkan.

Noviadi menjelaskan sistem poin di seri ini akan digunakan untuk 5 triathlon ITS lainnya yang digelar sepanjang 2020, yakni Jakarta City Triathlon (Juni), Bandung City Triathlon (Agustus), Belitung Triathlon (September), Mandalika Triathlon (Oktober), dan Pariaman Triathlon (November).

“Jadi kalau poin di Palembang Triathlon dirasa kurang memuaskan, jangan khawatir masih ada 5 race ITS lainnya untuk memperbaiki,” kata Noviadi. Para peserta di Triathlon nantinya bakal berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera, dan berlari mengitari Jakabaring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *