August 15, 2020
Articles

5 Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Marketplus.co.id – Kehidupan bawah laut selalu menjadi misteri yang menarik untuk ditelusuri. Faktanya, menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), 95% lautan dunia dan 99% dasar lautan belum dieksplorasi. Bagi sebagian besar wisatawan Indonesia (69%), “merasakan keseruan dalam berpetualang” adalah motivasi pribadi yang utama. Jadi, siapkan perlengkapan selam scuba Anda dan jelajahi dunia akuatik dari laut biru yang dalam di lokasi-lokasi menyelam yang mengasyikkan di seluruh dunia berikut ini!

Booking.com, pemimpin global dalam menghubungkan wisatawan dengan pilihan tempat menginap terbesar di dunia, menelusuri lima lokasi petualangan dunia bawah laut terbaik di seluruh dunia. Tidak masalah jika Anda pemula atau sudah ahli menyelam, pilihlah sesuai dengan keinginan dan jiwa petualang Anda. Ingin melihat interaksi unik dari ikan badut dengan anemon? Pilihkan akomodasi yang menakjubkan ini sesuai dengan liburan menjelajahi lautan Anda!

1. Raja Ampat, Indonesia

Raja Ampat merupakan lokasi menyelam yang terkenal keanekaragaman hayati yang kaya dengan pemandangan bawah laut terbaik di dunia. Dengan pantai yang belum terjamah dipadukan dengan suasana menenangkan dan dihiasi dengan air jernih menawarkan pemandangan yang indah untuk melihat beraneka warna terumbu karang serta penampakan ikan pari, hiu, kura-kura, dan ubur-ubur. Lokasi yang sempurna untuk menyelam tahun ini, Raja Ampat memiliki segala yang diinginkan para penyelam.

Rekomendasi Penginapan: Raja Ampat Dive Lodge adalah penginapan yang sempurna untuk merasakan pengalaman asli Indonesia yang akan membawa Anda dan keluarga mendapatkan ketenangan di pulau yang tidak terlalu ramai ini. Akomodasi ini dilengkapi dengan semua fasilitas modern termasuk akses wi-fi di seluruh pondok dengan restoran yang mempertemukan hidangan barat dan lokal dibuat dari bahan-bahan segar. Fasilitas penyewaan alat selam tersedia dekat dengan dermaga, snorkeling, serta kegiatan lainnya yang menarik bagi keluarga, atau jika Anda lebih suka bersantai, Anda dapat menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam atau mengunjungi desa terdekat untuk merasakan keramahan warga lokal!

2. Pulau Sipidan, Malaysia

Pulau Sipidan di Kalimantan, Malaysia telah menjadi salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Pulau kecil ini dikelilingi oleh karang hidup dan berada di atas gunung merapi bawah laut yang telah punah dan memiliki salah satu habitat laut terkaya di dunia. Habitat bagi kura- kura laut raksasa, spesies hiu (termasuk hiu martil), ikan barakuda, sekumpulan tuna dan ribuan spesies ikan lainnya. Sipidan tidak mudah diakses oleh banyak wisatawan, peraturan membatasi hanya 120 penyelaman per hari demi mempertahankan kelestarian pulau, tetapi Anda dapat mengunjungi Mabul atau Kapalai, sebuah desa nelayan yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke Sipadan.

Rekomendasi Penginapan: Mabul Paradise Lodge adalah penginapan yang disediakan khusus untuk penyelam scuba dan terletak hanya 25 menit dari Pulau Sipadan dengan kapal. Akomodasi ini dikelola oleh keluarga di Pulau Mabul dilengkapi dengan lounge dan restoran yang menyajikan beragam hidangan Malaysia. Kegiatan lain termasuk menggunakan kano, memancing, dan olahraga air serta fasilitas kesehatan & kebugaran untuk membuat tubuh lebih rileks setelah berjam-jam menyelam di laut.

3. Kolombo, Sri Lanka

Sri Lanka terkenal dengan situs penyelaman dengan kapal tua yang karam dan tertinggal di dasar laut. Sri Lanka juga merupakan daerah yang kaya akan sejarah, budaya, dan sumber daya alam yang telah ada sejak 2.000 tahun yang lalu, 200 kapal karam dan rumah bagi tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO. Transformasi kapal karam menjadi terumbu karang membentuk tempat berlindung bagi para penghuninya seperti belut, gurita, cumi-cumi, dan ikan yang tumbuh subur di lingkungan ini.

Rekomendasi Penginapan: Jika Anda seorang wisatawan yang mencari penginapan dengan harga terjangkau tapi memiliki fasilitas luar biasa di pusat kota Kolombo, Anda dapat mengunjungi Bunkyard Hostels. Nama unik mereka diambil dari tema junkyard dengan tempat tidur susun dan perahu dengan 8 jenis kamar yang semuanya dibangun dengan menggunakan bahan-bahan lokal dan daur ulang. Berikut adalah tempat yang dekat dari penginapan ini yang dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki; Museum Nasional, bar, dan restoran. Hotel ini juga dekat dengan tuk tuk dari pantai asli Sri Lanka yang populer di kalangan peselancar dan penyelam.

4. Kepulauan Andaman, India Terletak 850 mil di lepas pantai India, Kepulauan Andaman berada di lokasi terpencil dengan suasana tropis yang dikelilingi oleh keindahan alam. Tepi pantainya dipenuhi hutan bakau dan terumbu karang yang tak tersentuh dipenuhi dengan kehidupan laut yang menjanjikan pengalaman bawah laut yang benar-benar unik bagi para peselancar. Sebagai rumah bagi ikan-ikan sweetlip , Anda dapat dengan mudah melihat duyung di sana, Kepulauan Andaman jelas merupakan salah satu tempat yang harus ada di daftar keinginan Anda untuk merasakan pengalaman menyelam yang benar-benar luar biasa. Kepulauan Andaman merupakan surga bagi penyelam, jadi pastikan untuk mengemas peralatan menyelam Anda dan pesan penerbangan satu arah ke India untuk menemukan beberapa satwa liar bawl laut paling menakjubkan yang ditawarkan alam.

Rekomendasi Penginapan: HERITAGE MNR merupakan hotel bintang empat yang dilengkapi dengan fasilitas modern untuk suasana serasa di rumah. Dilengkapi dengan restoran, sepeda gratis, kolam renang outdoor, dan bar untuk membuat Anda lebih nyaman. Berjarak 8 km dari Port Blair, jika Anda seorang solo traveler , atau berwisata bersama teman dan keluarga, penginapan ini akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah seharian penuh beraktivitas dan menyelam, penginapan ini adalah tempat sempurna untuk mengakhiri hari Anda.

5. Kepulauan Mergui, Myanmar

Tempat ini terdiri dari sekitar 800 pulau dengan pemandangan bawah laut yang berbeda dan sangat populer di kalangan para penyelam berpengalaman karena memiliki batu-batu besar, gua, terowongan, dan lokasi drop-off. Meskipun tidak sepopuler tempat lainnya, tempat ini merupakan hidden gem bagi para penyelam dan jika Anda mencari sesuatu yang berbeda, Anda tak perlu ragu lagi. Tempat menyelam ini dikenal sebagai habitat bagi spesies yang beragam, seperti hiu, duyung, pari manta, barakuda, tuna, dan red lionfish.

Rekomedasi Penginapan: Di Green Eyes Hotel Anda bisa melihat pemandangan Shwethalyaung reclining Buddha di Pulau Patet dan menikmati hidangan di teras restoran atau teras atap yang menghadap ke seluruh pulau yang menawarkan pemandangan Burma yang menakjubkan. Kepulauan Myeik merupakan salah satu rahasia yang paling terjaga di dunia karena hanya pernah dibuka untuk pariwisata pada tahun 1997 dan masih belum banyak diketahui, oleh karena itu, kepulauan tersebut masih menjadi tujuan yang dipenuhi dengan satwa liar, pantai pasir putih, dan air jernih yang belum ditemukan oleh wisatawan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *