August 10, 2020
Articles

KEK Tanjung Gunung Siap Diserbu Pengunjung

Marketplus.co.id – Selain Kawasan Pantai Timur Sungailiat, Pulau Bangka juga memiliki lokasi potensi wisata lainnya yang siap dijadikan KEK pariwisata di Bangka Belitung, yakni Kawasan Tanjung Gunung.

Berjarak hanya 10 kilometer dari Bandara Adipati Amir, Kawasan Tanjung Gunung memiliki lahan seluas 385 hektar untuk dijadikan KEK pariwisata. Untuk saat ini wisatawan yang datang dapat menikmati sport tourism di Pulau Panjang. Dengan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan kapal motor wisatawan dapat menikmati indahnya laut Bangka, serta bisa mengendarai jetsky tanpa halangan.

KEK dengan 7 pulau yang mengitarinya ini, mengedepankan konsep entertainment yang kekinian, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Menurut Eddy Priyasmono, Direktur Utama PT. Pan Semujur selaku operator Kawasan Tanjung Gunung, infrasturuktur di sini sudah mulai disiapkan, proses legal juga sudah diselesaikan, sehingga pihaknya optimis bahwa KEK Tanjung Gunung bisa segera mulai dikerjakan.

“Secara geo ekonomi dan geo strategis kita sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi KEK. Secara lokasi juga dekat dengan pusat pemerintahan dan Bandara Depati Amir. Infrasturuktur untuk nelayan juga sudah kita buat. Sudah ada dermaga untuk nelayan dan cold storage untuk menyimpan hasil tangkapan. Targetnya tahun ini bisa segera dimulai,” ungkap Eddy di Pantai Tapak Dewa, Bangka Tengah.

Untuk fase 1, KEK Tanjung Gunung akan fokus pada pembangunan Old Town Garden (luas area 21 Ha), Lifestyle Beach (luas area 16 Ha), Hotel and Resort (luas area 4 Ha) dan MICE and Open Air Mall (luas area 17 Ha).

Untuk Old Town Garden sendiri, akan menghadirkan konsep budaya akulturasi Cina dan Melayu. Dilengkapi dengan sanggar budaya yang juga menjual produk-produk lokal. Sementara Lifestyle Beach mengusung konsep kekinian dengan mengutamakan entertainment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *