NAVIGATION

Lazada Hadirkan Pengalaman Interaksi Langsung Brand Dengan Konsumen

Lazada Hadirkan Pengalaman Interaksi Langsung Brand Dengan Konsumen

Teknologi Livestreaming ini juga mampu menciptakan lapangan kerja baru di seluruh Asia Tenggara.

Marketplus.co.id – Melalui teknologi livestream-nya, Lazada pada bulan April lalu berhasil menarik lebih dari 27 juta penonton dari enam negara di Kawasan Asia Tenggara, ketika banyak brand dan juga penjual individu memanfaatkan fitur interaktif online tersebut untuk berinteraksi langsung dengan konsumen di tengah pandemi Covid-19.

Jumlah angka penonton yang besar ini juga tercermin di Indonesia, dengan adanya kenaikan jumlah penonton sebesar 25% di bulan Mei dibandingkan jumlah angka penonton channel LazLive di bulan April.

Pada bulan April, total angka GMV yang dihasilkan melalui LazLive meningkat 45% dari bulan ke bulan, membantu meningkatkan penjualan brand dan juga seller individu meskipun adanya peraturan PSBB dan juga anjuran karantina mandiri di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir Alibaba, Lazada menjadi standar tertinggi di Kawasan Asia Tenggara dalam menghadirkan pengalaman terbaik untuk teknologi livestreaming.

Lazada merupakan satu-satunya platform eCommerce di Asia Tenggara yang menawarkan fitur ‘See-Now-Buy-Now’ (Lihat-Sekarang-Beli-Sekarang) melalui LazLive. Hal ini yang mendorong lebih banyak penonton kembali menonton LazLive  di hari berikutnya, sehingga mencetak angka lonjakan kunjungan per hari sebanyak 40% sejak April.

Chief Executive Officer Lazada Group, Pierre Poignant mengatakan, “Di akhir Juni, kami menargetkan peningkatan frekuensi sesi LazLive sebesar 50% dan total kenaikan penonton sebesar 40% dibandingkan saat ini. Kami terus membantu para pelaku usaha untuk senantiasa membangun hubungan dengan konsumen melalui teknologi yang inovatif, saat terjadi perubahan perilaku konsumen dan praktek usaha di seluruh Asia Tenggara akibat Covid-19”.

Membantu digitalisasi bisnis dan ciptakan ekosistem livestreaming

Untuk mendorong agar lebih banyak brand dan seller dapat tetap berinteraksi dengan konsumen selama periode PSBB ini, paket eksklusif untuk sellers, termasuk diantaranya kemudahan untuk dilihat, peluang pembelajaran online terpadu, dan episode livestreaming gratis ditawarkan kepada para peserta baru di LazLive.

Jumlah akun baru LazLive telah meningkat sebesar 70% pada bulan April dibandingkan dengan bulan normal.  Di Indonesia sendiri, saat ini sudah terdapat lebih dari 12.000 akun yang mendapatkan akses LazLive di bulan Mei. Angka ini menunjukkan kenaikan akun pengguna LazLive hampir lebih dari 2x lipat dibanding total keseluruhan akun pengguna LazLive di tahun 2019.

LazLive perkaya konten edukasi dan shoppertainment

Di Indonesia, konten LazLive beragam setiap harinya untuk menghibur dan memuaskan minat semua konsumen Indonesia terutama di kala periode anjuran tinggal di rumah, si pecinta elektronik dan gadget (Tech Junkie), penggemar e-sport (Cyber Combat), ratu/raja dapur (Dapur Lazada), bahkan beauty enthusiast (Beauty World).

Terlepas dari beragam tema, pada umumnya, penonton bertahan lebih lama menyaksikan konten menghibur, meskipun perilaku menonton di pasar bervariasi. Masyarakat Filipina cenderung lebih interaktif dan responsive terhadap pembawa acara, sementara penonton di Thailand lebih tenang, lebih tegas, serta cenderung untuk segera klik dan pesan. Sementara itu konsumen Indonesia menyukai konten-konten interaktif seperti kuis yang disertai dengan promo-promo menarik.

Top