NAVIGATION

Masyarakat Indonesia Senang Berkumpul dan Berbagi Tagihan

Masyarakat Indonesia Senang Berkumpul dan Berbagi Tagihan

​Survei LINE Indonesia di Akun Resmi LINE Indonesia dengan 24,443 responden dari seluruh Indonesia yang terdiri atas 35% perempuan dan 65% laki-laki.

Marketplus.co.id – LINE Indonesia mengadakan survei terkait kebiasaaan masyarakat Indonesia untuk mengembangkan layanan berikutnya bagi pengguna LINE. Survei ini diadakan di akun resmi LINE Indonesia pada Februari 2019 lalu dengan dengan 24,443 responden dari seluruh Indonesia yang terdiri atas 35% perempuan dan 65% laki-laki. Survei tersebut menyoroti salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang senang berkumpul bersama keluarga atau teman-teman mereka.

​Survei yang diikuti oleh pengguna LINE yang berasal dari seluruh Indonesia dengan jangkauan umur 17 sampai 40 tahun ke atas ini jika 69% responden setidaknya melakukan pertemuan atau berkumpul bersama teman-teman setidaknya satu kali seminggu. Di sisi lain, sebanyak 68% responden menyetujui jika kebiasaan berbagi tagihan sesuai menu pesanan masing-masing adalah kebiasaan yang disukai responden setelah makan bersama.

​​Selain itu, responden juga lebih menyukai jika pembayaran ditanggung terlebih dahulu oleh satu orang, namun sering kali responden khawatir terhadap hasil perhitungan tagihan yang dilakukan oleh orang tersebut tidak akurat (akibat perhitungan pajak dan biaya layanan restoran yang beragam). Bercermin pada survei ini, LINE Indonesia menghadirkan inovasi terbaru melalui salah satu layanan miliknya, aplikasi pertukaran pesan LINE, dengan merilis fitur LINE SPLITBILL. LINE SPLITBILL adalah fitur hitung dan bagi tagihan yang menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition) sehingga bisa memindai dan menghitung tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik. Selain menawarkan kemudahan dan akurasi yang tinggi, LINE SPLITBILL juga menjadi fitur hitung dan bagi tagihan pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi OCR.

​“LINE SPLITBILL sesuai digunakan oleh masyarakat Indonesia karena bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang senang berkumpul dan makan bersama serta membagi tagihan di antara mereka,” kata Fanny Verona, Strategy and New Business Director LINE Indonesia. “Selain itu, penanaman teknologi OCR (Optical Character Recognition) di dalam fitur LINE SPLITBILL memungkinkan pengguna mendapatkan hasil hitungan yang berakurasi tinggi dengan proses penghitungan yang sangat mudah,” tambahnya.

Cara Menggunakan LINE SPLITBILL

Untuk mulai menggunakan fitur LINE SPLITBILL, pengguna hanya memerlukan proses yang mudah.

  1. Pilih LINE SPLITBILL di Menu Chat di LINE.
  2. Pindai tagihan secara langsung dari kamera/mengambil gambar tagihan dari dalam galeri ponsel.
  3. Pilih teman di dalam LINE. Jika teman mereka bukan pengguna LINE, pengguna dapat memilih “Add a friend without LINE”.
  4. Cocokkan tagihan mana yang menjadi tanggungan masing-masing.
  5. Cek dan pastikan jika nominal tagihan yang terdeteksi tepat.
  6. Bagikan hasil LINE SPLITBILL. LINE SPLITBILL tidak hanya akan menghitung harga yang tertera di dalam tagihan, tetapi juga menghitung pajak serta biaya layanan restoran secara otomatis.

Manfaat LINE SPLITBILL tidak hanya bisa dirasakan oleh pengguna setia LINE, tetapi juga oleh bukan pengguna LINE melalui kehadiran fungsi “Add a friend without LINE”. Hal ini dikarenakan pengguna LINE yang memanfaatkan LINE SPLITBILL bisa menyalin dan mengirimkan tautan hasil hitungan melalui platform lain kepada teman mereka. Untuk dapat melihat hasil hitungan, teman mereka hanya perlu membuka tautan tersebut yang akan tampak dalam format web-based.

“LINE Indonesia selalu berupaya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan beragam layanan yang inovatif bagi para pengguna agar dapat menggunakan aplikasi LINE secara lebih maksimal. Salah satunya melalui peluncuran fitur LINE SPLITBILL yang bisa membantu pengguna untuk menghitung dan membagi tagihan secara akurat dan mudah,” jelas Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia. “Kami berharap dengan kehadiran fitur LINE SPLITBILL ini, LINE dapat mempermudah serta memperkaya kehidupan sehari-hari pengguna setianya di Indonesia,” tambahnya.

Melalui misinya “CLOSING THE DISTANCE”, LINE akan selalu berupaya menghadirkan beragam inovasi yang dapat mendekatkan jarak pengguna dengan beragam layanan dan konten komunikasi yang bermanfaat. Salah satunya melalui kehadiran LINE SPLITBILL yang sangat dekat dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang diharapkan bisa mempermudah sekaligus memperkaya kehidupan sehari-hari pengguna.

Top