NAVIGATION

Jelajah Rasa di Kota Seribu Kue

Jelajah Rasa di Kota Seribu Kue

Beragam kue seperti  tompek selong, bludar, kue berut, penganan bakar, jongkong, bingke, onde-onde, sarang madu, kue putu, ketan sambal, lumpang, bongkol, pantiaw, korket, lakse, dan penganan pelite atau kue sampan dijajakan dalam kondisi segar.

Marketplus.co.id – Muntok di Pulau Bangka merupakan daerah dengan kuliner kue khas terbanyak di Indonesia. Setidaknya terdapat 217 jenis kue tradisional di kota Muntok hingga julukan Kota 1.000 Kue disematkan di sini.

Selain itu, salah satu kota yang sempat dijadikan tempat pengasingan proklamator, Soekarno ini, telah masuk dalam catatan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan jamaknya ragam penganan yang dimiliki.

Bagi yang ingin melihat langsung beragam kue yang ada di kota Muntok, bisa datang ke Jalan Imam Bonjol, Tanjung, Mentok, atau persisnya di depan Masjid Jami dan Kelenteng Kong Fuk Miau, dan hanya sekitar 100 meter dari Yasmin Hotel. Di tempat ini, ada banyak penjual kue-kue khas Mentok, yang mulai menjajakan kue dari pukul 5 pagi hingga siang hari.

Kue yang dijual ragamnya sangat banyak, antara lain tompek selong, bludar, kue berut, penganan bakar, jongkong, bingke, onde-onde, sarang madu, kue putu, ketan sambal, lumpang, bongkol, pantiaw, korket, lakse, dan penganan pelite atau kue sampan.

Kue yang dijual memang tidak semuanya asli dari Bangka Barat, tapi ada juga yang merupakan hasil perpaduan dengan budaya lain, misalnya dari budaya Arab, Melayu, dan Cina, sehingga kue-kuenya pun ada kemiripan dengan kue dari daerah lain di Indonesia.

Top