NAVIGATION

BNI dan Grab Jalin Kerjasama Digital Financial Solution

BNI dan Grab Jalin Kerjasama Digital Financial Solution

Berkolaborasi meningkatkan akses layanan finansial baik bagi mitra pengemudi, pelanggan, pegawai, hingga partner corporate BNI dan Grab.

Marketplus.co.id – PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama dengan Grab, everyday everything app nomor satu di Asia Tenggara hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk kolaborasi kerjasama strategis berbasis inovasi teknologi. Kemitraan strategis antara BNI dan Grab ini akan mencakup kerjasama yang bersifat menyeluruh mulai dari B2B hingga B2C. Untuk B2B yang sudah berjalan saat ini adalah penyediaan layanan BNI Cash Management System yang memberi kemudahan mitra pengemudi Grab untuk mencairkan dana dengan menggunakan rekening BNI. Sementara untuk kerjasama B2C nya, terdapat beberapa kolaborasi seperti pembayaran pelanggan korporat dalam layanan Grab for Business dengan menggunakan Kartu Kredit BNI, penyediaan layanan GrabWheels dan taksi GreenLine di Grha BNI dan Menara BNI Pejompongan, serta inisiatif lainnya terkait produk tabungan dan fasilitas kredit dari BNI guna meningkatkan akses finansial bagi para mitra Grab di seluruh Indonesia.

Penandatanganan MoU dilakukan di Graha BNI Jakarta oleh Anggoro Eko Cahyo selaku Direktur Bisnis Konsumer, BNI dan Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia yang juga disaksikan oleh Ridzki Kramadibrata, President Grab Indonesia dan Ongki Kurniawan selalu Executive Director Grab Indonesia, serta perwakilan manajemen BNI.

Anggoro Eko Cahyo mengapresiasi kemitraan antara BNI dengan Grab. “Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada semua pihak atas terciptanya sinergi ini. Kemitraan ini diharapkan dapat melengkapi berbagai inisiatif kaya manfaat yang telah diluncurkan oleh Grab bersama dengan BNI selama ini. Kedepannya, kami berharap untuk terus menghadirkan inisiatif-inisiatif baru yang mencakup aspek finansial agar dapat membantu keseharian mitra pengemudi Grab, nasabah, dan karyawan BNI.”

“Kolaborasi ini didasari oleh komitmen Grab sebagai everyday everything app untuk selalu memberikan solusi berbasis inovasi teknologi yang relevan. Fokus kami adalah menghubungkan dan menyediakan akses yang tidak terbatas pada produk dan layanan, namun juga pada berbagai peluang mendorong terjadinya perkembangan personal dan ekonomi para pengguna melalui pemanfaatan teknologi. Kami sangat senang dapat merealisasikan komitmen tersebut melalui kerja sama strategis dengan BNI, yang tidak hanya terfokus pada upaya peningkatan akses finansial bagi mitra kami melalui produk tabungan dan fasilitas kredit BNI, tapi juga menghadirkan beragam terobosan solusi korporasi yang mendorong kemajuan bisnis para pengguna melalui layanan B2B seperti API Management BNI, Cash Management System, dan Kartu Kredit Corporate BNI.” kata Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia.

Kerja sama BNI dan Grab 

Kedua belah pihak bersepakat untuk kolaborasi peningkatan akses layanan finansial baik bagi mitra pengemudi, pelanggan, pegawai, hingga partner corporate BNI dan Grab.

Melalui kerja sama Cash Management System, BNI menyediakan cash management system bagi Grab berupa One Gate Payment. Kerja sama tersebut bertujuan untuk memudahkan para mitra Grab dalam proses pencairan dana dari e-wallet mereka ke rekening BNI. Pada sistem ini, BNI memberikan layanan pencairan dana instan untuk para mitra Grab.

Adapun melalui kerja sama Layanan pelanggan korporat, Grab dan BNI menjalin kerja sama strategis untuk layanan Grab for Business, solusi digital untuk pengelolaan pengeluaran transportasi yang fleksibel, transparan, dan aman termasuk perlindungan asuransi dan akses bantuan layanan pelanggan 24/7. Layanan ini menawarkan produktivitas, efisiensi baik dari segi waktu maupun biaya, serta pengalaman pelanggan yang lebih baik untuk kalangan profesional dengan pemanfaatan kartu kredit corporate BNI sebagai metode pembayaran.

Perjalanan yang dipesan melalui aplikasi Grab akan terkonsolidasi secara otomatis dalam portal Grab for Business secara real-time, lengkap dengan informasi perjalanan termasuk nama karyawan, tanggal, dan waktu perjalanan, lokasi penjemputan dan penurunan, jenis kendaraan dan metode pembayaran yang dipilih. Melalui kerja sama ini para pengguna layanan Grab for Business dapat menikmati kemudahan pembayaran dengan kartu kredit BNI sebagai metode pembayaran utama dengan sistem yang transparan dan dapat langsung diakses secara real-time melalui portal terpadu Grab for Business. Kini, lebih dari 50 pelanggan korporat Grab for Business dari perusahaan rekanan BNI menikmati produktivitas, efisiensi baik dari segi waktu maupun biaya melalui layanan ini. BNI sendiri telah menjadi salah satu pelanggan korporat layanan Grab for Business dan telah mengalami peningkatan efisiensi sejak menggunakan layanan tersebut.

Sementara dengan kerjasama Layanan transportasi terintegrasi, Grab menghadirkan GrabWheels yang merupakan layanan e-scooter listrik ramah lingkungan, di kawasan kantor BNI, yaitu Menara BNI Pejompongan dan Grha BNI. Grab menghadirkan GrabWheels di kawasan kantor BNI sebagai solusi mobilitas inovatif baru untuk para nasabah, pengunjung dan juga karyawan yang ingin melakukan perjalanan jarak pendek.

Kehadiran GrabWheels ini merupakan salah satu wujud nyata kontribusi Grab dalam memberikan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, serta mewujudkan kawasan bisnis yang ramah lingkungan. Selain GrabWheels, Grab juga menghadirkan layanan taksi GreenLine di lingkungan kantor BNI untuk memberikan kemudahan akses transportasi bagi karyawan maupun nasabah BNI.

Pada Mei lalu, BNI juga telah menjalin kerja sama dengan GrabKios (dikenal sebelumnya dengan Kudo, Kios Untuk Dagang Online, yang telah berintegrasi dengan Grab),dimana BNI akan mendapatkan sekitar 40 ribuan tambahan Agen46 tahun ini dari pengusaha warung GrabKios yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pelaku dagang warung yang sudah berhasil menjadi agen46 dapat memanfaatkan fitur layanan BNI seperti tarik setor dan membuka akun laku pandai. Selain itu, BNI juga bekerja sama dengan para pengusaha warung yang berpotensi dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Agen46 merupakan mitra BNI dalam menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat dalam rangka keuangan inklusif.

Top