NAVIGATION

Puluhan Pemuda Beraksi Untuk Laut Indonesia

Puluhan Pemuda Beraksi Untuk Laut Indonesia

Indonesian Youth Marine Debris Summit 2019 diselenggarakan selama lima hari mulai dari tanggal 24 hingga 28 Agustus 2019 di Jakarta.

Marketplus.co.id – Sebanyak 50 pemuda mewakili seluruh provinsi di Indonesia membuat rencana aksi untuk solusi permasalahan laut Indonesia. Divers Clean Action (DCA) bersama dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia menyelenggarakan Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) 2019 didukung oleh PT Fast Food Tbk (KFC Indonesia), Pertamina Patra Comfort Hotel Jakarta, Danone-AQUA, Greeners.co, Gita Laut, Pandu Laut serta Sustainable Ocean Alliance (SOA).

Enam peserta terbaik mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Our Ocean Youth Leadership Summit 2019 di Norway.

“IYMDS adalah wadah bagi para pemuda untuk menjadi inisiator perubahan di daerah masing-masing. Datang dengan ide-ide terbaiknya, pemuda Indonesia bersemangat serta berkomitmen untuk mewujudkan rencana aksi mereka dalam upaya mengurangi permasalahan sampah di Indonesia yang sejalan dengan Jakstrada (Kebijakan Strategi Daerah) masing-masing untuk capai target pengurangan 70% sampah laut bersama,” ujar Swietenia Puspa Lestari, Executive Director DCA dan juga penggagas IYMDS.

Menurut Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Tbk. (KFC Indonesia), aksi ini adalah untuk kedua kalinya KFC Indonesia mendukung Indonesian Youth Marine Debris Summit karena anak muda dan KFC tidak dapat dipisahkan, dan KFC berharap semakin banyak anak-anak muda yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan KFC yaitu peduli lingkungan dan melakukan aksi nyata untuk menyelamatkan lingkungan.

Dukungan KFC Indonesia pada IYMDS 2017 meliputi kegiatan membersihkan pesisir Pulau Pramuka bersama para peserta IYMDS; meresmikan pusat daur ulang yang dikelola oleh Seagle.id yang merupakan alumni IYMDS 2017 dari wilayah Sulawesi Tengah; membersihkan pesisir Tanjung Karang, Donggala, Sulawesi Tengah; dan mengundang Seagle.id sebagai salah satu nara sumber dalam program talkshow di salah satu stasiun TV bersama KFC Indonesia.

Pada IYMDS 2019, dari kurang lebih 1000 pendaftar terpilih 43 pemuda berusia antara 18-25 tahun yang mewakili 34 provinsi di Indonesia dan dibimbing oleh tujuh mentor yang merupakanalumni dari IYMDS 2017 yang terpetakan berdasarkan pembagian wilayah. IYMDS 2019 diselenggarakan selama lima hari mulai dari tanggal 24 hingga 28 Agustus 2019 di Jakarta.

 

Top