NAVIGATION

Kerap Mangkir di Persidangan, Benarkah Alvin Lim Sakit?

Kerap Mangkir di Persidangan, Benarkah Alvin Lim Sakit?

Hakim bisa menghadirkan Dokter yang mengeluarkan Surat Keterangan Sakit dari terdakwa dihadapan pengadilan.

Jakarta – Terdakwa kasus pemalsuan dokumen klaim asuransi yang sekaligus berprofesi sebagai pengacara, Alvin Lim (AL), ternyata sehat lahir dan batin. Fakta tersebut terungkap tatkala ia hadir sebagai saksi fakta dalam praperadilan persidangan kasus lain di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tanggal 3/9 lalu, tempat yang sama di mana kasus yang menjerat dirinya sendiri dengan Nomor Perkara: 1036/Pid.B/2018/PN JKT.SEL masih bergulir.

Uniknya, keesokan harinya pada Rabu (4/9) saat persidangan kasus yang menjerat Alvin Lim sebagai terdakwa digelar, lagi-lagi ia mangkir dengan alasan sakit.

Menurut Ali Zubeir Hasibuan S.H, Praktisi Hukum dari Indonesia In Absentia Watch, sebenarnya Hakim bisa menghadirkan Dokter yang mengeluarkan Surat Keterangan Sakit dari terdakwa dihadapan pengadilan dan mempertanyakan dahulu keaslian surat sakit yang sering dikeluarkan tersebut.

“Kalau memang asli baru kemudian bisa lanjut mendalami bagaimana caranya terdakwa AL bisa sakit setiap menjelang persidangannya namun terlihat baik-baik saja pada hari lainnya,” ujar Ali.

Ia juga menambahkan, dalam kondisi seperti ini bahkan Hakim bisa merekomendasikan rumah sakit tertentu untuk memeriksa kesehatan terdakwa lebih jauh.

“Kita punya rumah sakit yang kredibel seperti RSPAD yang biasa jadi rujukan bahkan rujukan untuk seorang presiden sekalipun”, tutup Ali.

Top