NAVIGATION

Tari Tortor Sawan Sambut Wisatawan Australia di Samosir

Tari Tortor Sawan Sambut Wisatawan Australia di Samosir

Tarian ini memiliki 3 jenis tarian yang dengan gerakan dan peruntukkan yang berbeda, yakni Tortor Sawan Pangurason, Tortor Sipitu Sawan, dan Tortor Sawan.

Marketplus.co.id – Australia merupakan salah satu negara yang jadi pasar utama pariwisata di Danau Toba. Untuk meningkatkan kunjungan turis dari Negeri Kangguru ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung Indonesia Network Western Australia (IDN WA) untuk melaksanakan kegiatan “Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip” yang digelar pada tanggal 22 hingga 27 Agustus 2019 di kawasan Danau Toba.

Di hari ketiga, peserta Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip menjelajahi Pulau Samosir dan disambut dengan tarian khas Danau Toba, tari Tortor Sawan.

Tari Tortor Sawan dibawakan dalam bentuk sendratari dan biasanya digelar untuk acara-acara adat tertentu. Dijelaskan Pimpinan Sanggar Dolok Sipiak, yang juga Pembina “Senapas”, Corry Paroma Panjaitan, tari Tortor Sawan atau Cawan Putih memiliki 3 jenis tarian yang dengan gerakan dan peruntukkan yang berbeda, yakni Tortor Sawan Pangurason, Tortor Sipitu Sawan, dan Tortor Sawan.

Tortor Sawan Pangurason, yaitu Tortor yang biasanya digelar pada saat pesta besar. Sebelum pesta dimulai, tempat dan lokasi pesta terlebih dahulu dibersihkan dengan menggunakan jeruk purut. Dengan demikian, lokasi pesta diharapkan jauh dari mara bahaya. Sawan yang digunakan untuk tortor pangurason hanya satu, yg dijunjung di kepala.

Kemudian Tortor Sipitu Sawan, yaitu Tortor ini biasa digelar saat pengukuhan seorang raja. Tortor ini dipercaya berasal dari 7 putri kayangan yang mandi di sebuah telaga di puncak gunung pusuk buhit bersamaan dengan datangnya piso sipitu sasarung (pisau tujuh sarung).

Tortor ini tidak bisa dipelajari sembarangan orang kecuali kalau memang sudah jodoh. Lewat turun temurun, tarian tujuh cawan dianggap sebagai tortor paling unik karena sang penari harus menjaga keseimbangan tujuh cawan yang diletakkan di kedua belah tangan kanan dan kiri tiga serta satu di kepala.

Tortor tujuh cawan mengandung arti pada setiap cawannya. Cawan 1 mengandung makna kebijakan, cawan 2 kesucian, cawan 3 kekuatan, cawan 4 tatanan hidup, cawan 5 hukum, cawan 6 adat dan budaya, cawan 7 penyucian atau pengobatan. Kegunaan lain dari tarian ini adalah membuang semua penghalang, sebab orang Batak percaya manusia biasanya mengalami kegagalan karna ada penghalang.

Sedangkan Tortor Sawan, merupakan tortor ritual, dahulunya tortor ini dibawakan oleh dukun sambil membawa cawan berisi sesajen yang berfungsi sebagai media penyembuhan penyakit bagi masyarakat Batak.

Top