NAVIGATION

Produk Lokal Unjuk Gigi di HBDI 2019

Produk Lokal Unjuk Gigi di HBDI 2019

Para peritel dan industri pendukung lainnya yang terdiri dari produsen, supplier, dan distributor mengadakan sebuah festival pesta kemerdekaan dalam bentuk “Hari Belanja Diskon Indonesia 2019” dari 16 hingga 31 Agustus 2019.

Marketplus.co.id – Pemerintah Indonesia mendorong pengusaha dan produk-produk lokal untuk bisa bersaing di kancah global.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau para pengusaha lokal pemilik merek-merek lokal untuk bisa mengisi pasar yang besar baik di tingkat domestik maupun di ranah global.

Presiden Joko Widodo saat meluncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia 2019 (HBDI) di pusat perbelanjaan Senayan City Jakarta (15/8/2019) menekankan penggunaan dan pengutamaan produk buatan dalam negeri karena pasar Indonesia itu sangat besar.

“Ini tugas para pengusaha lokal pemilik merek-merek inilah untuk mengisi pasar yang besar ini. Sehingga ketika barang luar negeri yang akan masuk, sudah penuh,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga menitipkan pesan kepada para pengunjung karena menurutnya pasar-pasar Indonesia harus didukung sebab produknya tidak kalah dibanding dari luar.

“Saya titip ini. Tugas bapak-ibu sekalian adalah mengisi pasar-pasar yang ada sehingga barang luar mau masuk sudah penuh,” ujarnya.

Kepala Negara juga mendorong ruang-ruang strategis di pusat-pusat perbelanjaan untuk diberikan ke merek-merek lokal. Tidak hanya untuk merek dari luar negeri saja yang mengisi tempat strategis.

“Jangan biarkan pasar lokal dikuasai asing. Hati-hati, karena neraca perdagangan masih defisit. Kita harus meningkatkan kecintaan kita pada produk-produk dalam negeri,” katanya.

Dalam peluncuran HBDI 2019, Presiden Jokowi juga didampingi beberapa Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Ketua Umum HIPPINDO, Budi Hardjo Iduansyah.

HBDI 2019 sendiri berlangsung dari 16 hingga 31 Agustus 2019. Pada Pembukaan HBDI di The Hall Senayan City, Jakarta, menampilkan karya anak bangsa dalam bentuk Parade Merek Lokal Indonesia 2019.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-74 pada 17 Agustus 2019, para peritel dan industri pendukung lainnya yang terdiri dari produsen, supplier, dan distributor mengadakan sebuah festival pesta kemerdekaan dalam bentuk “Hari Belanja Diskon Indonesia 2019”.

Penawaran khusus dari anggota HIPPINDO di seluruh pusat perbelanjaan yang mendukung acara ini di seluruh Indonesia, akan ‘bermain’ dengan konsep angka 74, sesuai peringatan HUT Republik Indonesia ke-74. Serta penawaran diskon atau potongan harga lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang turut hadir dalam peluncuran mengatakan, Kemenpar juga melakukan langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui wisata belanja. Langkah konkritnya, mendorong promosi produk wastra, Kriya lokal sebuah destinasi. Disamping itu juga mengusulkan tax refund yang kompetitif seperti negara-negara yang memiliki wisata belanja sangat maju.

“Produk-produk fashion dan kerajinan Indonesia banyak diminati. Kita bisa kuatkan di area itu agar menjadi yang paling unggul. Kalau sudah kuat kita bisa menjadi ‘surga’ belanja yang diminati wisatawan dunia. Makannya, produk lokal yang bisa diunggulkan harus terus kita dorong menjadi yang paling dicari wisatawan,” ucap Menpar.

Top