NAVIGATION

Kemenpar  Dukung IDN WA Gelar Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip

Kemenpar  Dukung IDN WA Gelar Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip

Event yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-27 Agustus 2019 digelar di lima kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba.

Marketplus.co.id – Dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisman asal Australia sebanyak 1,6 juta wisman di tahun 2019, Kementerian Pariwisata turut mendukung Indonesia Diaspora Network Western Australia (IDN WA) untuk melaksanakan kegiatan Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip.

Event yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-27 Agustus 2019 di lima kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba ini, mengundang awak media asal Australia Barat sebagai peserta.

Menurut Arief Yahya, Menteri Pariwisata, program prioritas dalam pengembangan atraksi, akses dan amenitas (3A) di salah satu Danau vulkanik terbesar itu terus diperhatikan agar semakin mempermudah wisatawan mancanegara berkunjung.

“Dalam framework pengembangan destinasi itu kita selalu menggunakan konsep 3A, Atraksi, Akses dan Amenitas. Dan jika ingin menjadi global player, harus menggunakan global standart,” kata Menpar Arief Yahya.

Dalam pengembangan kawasan Danau Toba, pembangunan dan penataan lokasi wisata serta pembangunan infrastruktur pendukungnya akan berjalan secara paralel atau bersamaan. Tak hanya itu, pengembangan sumber daya manusia (SDM) juga akan menjadi prioritas dalam mendukung pengembangan kawasan wisata Danau Toba.

Selain itu, Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas juga menerapkan strategi storynomics tourism. Menurut Menpar Arief Yahya, penetapan strategi storynomics tourism berlandaskan pada kekayaan budaya Indonesia. Sehingga nantinya promosi kawasan wisata akan dilakukan dengan narasi story telling serta dikemas dalam konten menarik yang terkait dengan budaya setempat.

“Awareness berkaitan dengan marketing, sedangkan experience berkaitan dengan faktor aksesibilitas, amenitas, dan atraksi (3A) yang melekat ke setiap destinasi-destinasi wisata. Kedua hal tersebut harus menjadi satu kesatuan yang padu,” katanya.

Pada event Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip, para peserta bisa menyaksikan berbagai pertunjukkan seni, budaya, dan tentu saja keindahan panorama Danau Toba yang memukau. Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip juga bertujuan mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Peserta akan memulai perjalanan ke Danau Toba di hari pertama melalui Kuala Namu International Airport. Setelah kunjungan di Pemkab Deli Serdang, perjalanan menuju Berastagi akan ditempuh lewat jalur darat dan singgah di Pasar Buah Tradisional kemudian bermalam di Taman Simalem.

Di sini, peserta Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan Danau Toba dari One Tree Hill Simalem Resort .

Selain itu, ada juga atraksi wisata berupa Jungle Trekking, AgroTourism, Farming Experience, Golf, Archery, dan masih banyak lagi.

Setelah situ seluruh peserta akan melanjutkan perjalanan menuju Sipiso-piso dan menuju pulau Samosir dengan melintasi Danau Toba.

Di Samosir peserta akan diajak untuk menjelajahi pulau eksotik ini dengan menyambangi  Tomok, Sigalegale, Souvenir Shops, Museum Batak, Ambarita, dan masih banyak lagi.

Dari Samosir, destinasi selanjutnya adalah Balige dengan menggunakan boat yang ditemani live music, coffee attraction, dan snacks (BBQ & Cold Beer).

Batak Museum of TB Silalahi Center, dan Pagar Batu Village (Pancuran) adalah aktivitas yang penuh nilai edukasi yang bisa dikunjungi peserta di area ini.

Terakhir, peserta Caldera Toba Calling Australia Familiarization Trip akan menyambangi daerah Tapanuli Utara sebelum kembali melalui Bandara Silangit.

Top