NAVIGATION

GrabExpress & BEKRAF Hadirkan Fitur Khusus Wirausahawan Mikro

GrabExpress & BEKRAF Hadirkan Fitur Khusus Wirausahawan Mikro

Diikuti lebih dari 400 wirausahawan mikro, pelatihan yang diberikan membahas seputar pengelolaan bisnis, pemasaran digital dan hak kekayaan intelektual.

Marketplus.co.id – GrabExpress bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) memberikan pelatihan seputar pengelolaan bisnis, pemasaran digital dan hak kekayaan intelektual kepada lebih dari 400 wirausahawan mikro di Indonesia.

Peserta yang hadir berasal dari bidang usaha yang berbeda, termasuk makanan dan minuman, mode, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini, GrabExpress juga memperkenalkan 5 fitur yang akan membantu akselerasi bisnis wirausahawan mikro di Indonesia agar lebih efisien. 

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia mencatat di tahun 2017 terdapat lebih dari 62 juta unit usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia. Angka ini naik sebesar 2,06% dibandingkan jumlah di tahun 2016 dan terus meningkat hingga kini. Disisi lain, data Deloitte‎ Access Economics menunjukkan 37% UMKM di Indonesia, hanya memiliki kemampuan online yang sangat mendasar seperti komputer, smartphone atau akses internet. Hal ini melatarbelakangi kerja sama untuk membantu UMKM di Indonesia dalam meningkatkan kapasitas mereka, agar dapat mengembangkan bisnis mereka dengan cara yang mudah, aman dan terjangkau. 

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan, “Jumlah pertumbuhan UMKM diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya dan mereka membutuhkan informasi dan pengetahuan yang mumpuni untuk dapat berkompetisi dengan baik. Sebagai everyday superapp terkemuka di Indonesia, Grab ingin membantu wirausahawan mikro untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dengan menciptakan kesempatan ekonomi dan memampukan akses terhadap berbagai layanan yang memiliki kualitas tinggi, namun juga aman. Kerja sama dengan BEKRAF ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam  meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM di Indonesia.”

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) juga menjadi salah satu hal penting. Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia mengungkapkan, “Dalam menciptakan produk, penting bagi pelaku ekonomi kreatif untuk memiliki pendekatan global, dan memiliki visi untuk dapat memasarkan produk mereka secara internasional. Badan Ekonomi Kreatif siap memfasilitasi akses permodalan seluas-luasnya dan juga pendaftaran hak kekayaan intelektual untuk mendorong lebih banyak industri kreatif Indonesia dapat bertumbuh. Jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencakup 99,92% dari total unit usaha di dalam negeri, namun baru 11% unit usaha ekonomi kreatif yang punya HKI terdaftar. Kami sangat mengapresiasi komitmen Grab dalam membantu meningkatkan kapasitas UMKM di Indonesia. BEKRAF juga akan selalu mendorong pelaku UMKM untuk terus belajar mengenai pemasaran digital, karena melalui digitalisasi ini, bisnis mereka tentunya akan lebih efektif dalam berkembang.”

Guna memberikan kemudahan proses logistik, GrabExpress memperkenalkan 5 fitur yang khusus dirancang untuk UMKM Indonesia, yakni Pengiriman Antar Kota di Pulau Jawa dengan Ninja Xpress, Langganan Paket Hemat, Pengiriman Instan dan Same-Day, Bukti Pengiriman & Pelacakan Langsung, dan Kirim ke Banyak Tujuan & Banyak Pemesanan Sekaligus.

Top