NAVIGATION

Pentingnya Sertifikasi Profesi SDM Pariwisata untuk Hadapi Persaingan Global

Pentingnya Sertifikasi Profesi SDM Pariwisata untuk Hadapi Persaingan Global

Tanpa memiliki kompetensi regional, peran mereka akan tergantikan oleh sumber daya manusia dari negara-negara lain.

Marketplus.co.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memacu para pelaku pariwisata Indonesia untuk melakukan sertifikasi profesi demi menghadapi kompetisi Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat ASEAN.

Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kementerian Pariwisata, Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, SDM pariwisata harus memiliki kompetensi untuk bersaing di era global sekaligus sebagai upaya untuk pengembangan SDM berkualitas di Tanah Air.

“Jika pekerja kita tidak memiliki kompetensi regional peran mereka akan tergantikan oleh sumber daya manusia dari negara-negara lain,” kata Wisnu saat kegiatan Workplace Assesor (WPA) di Mercure Bali Harvestland Kuta, Bali, Kamis (20/6/2019).

Wisnu menyatakan, pelatihan asesor nasional yang dilakukan ini ditujukan menyambut Masyarakat Ekonomi Asean. Dan tahun ini SDM menjadi perhatian khusus pemerintah.

“Dalam periode ini kita memfasilitasi pelatihan untuk front office, housekeeping, FB, dan bidang lain. Kami mengharapkan agar peserta serius mengikutinya. Sebab kelanjutan sertifikiasi kompetensi itu ada di tangan para asesor,” katanya.

Ia berharap, dengan menggelar kegiatan WPA yang berlangsung pada 18-23 Juni 2019 itu dapat meningkat jumlah assesor bidang pariwisata.

“Ini diharapkan bisa menghasilkan tenaga-tenaga asesor yang mampu melaksanakan penilaian atau uji kompetensi terhadap peserta uji dalam ruang lingkup kompetensi teknis sesuai dengan bidang pariwisata,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, A.A Gede Yuniartha Putra dan beberapa perwakilan dari BNSP termasuk Rachmad Sugiyanto, Annie Savitri, I Ketut Sutapa, dan Arya Astina Made.

Top