NAVIGATION

4 Hal Penting Memulai Jadi Podcaster

4 Hal Penting Memulai Jadi Podcaster

Menawarkan pada fleksibilitas topik yang dibahas, dimana pendengar bisa memilih Podcast yang diikuti sesuai dengan referensi minat dan hobinya.

Marketplus.co.id – Untuk memberikan akses informasi dan edukasi bagi masyarakat secara luas akan Podcast, KASKUS menyelenggarakan “Kelas Podcast” yang bekerjasama dengan Box2Box Indonesia dan Komunitas Podcast Indonesia dan bertempat di KASKUS Playground setiap minggu di bulan Maret – April 2019.

Tio Utomo, salah satu perwakilan dari Box2Box Indonesia, pada Kelas Podcast beberapa waktu lalu menceritakan awal mula ia bersama Pangeran Siahaan dan Justin terjun ke dunia Podcast melalui Box2Box yang membahas mengenai sepak bola.

Menurut Tio saat ditanya oleh moderator mengenai isu Podcast yang akan membunuh radio, “Radio akan tetap abadi, melihat masih banyaknya audiens khususnya yang tinggal di daerah menjadikan radio sebagai salah satu sumber informasi dan hiburan. Sementara Podcast yang baru berkembang ini lebih menawarkan pada fleksibilitas topik yang dibahas, dimana pendengar bisa memilih Podcast yang diikuti sesuai dengan referensi minat dan hobinya.”

Beberapa tips yang dibagikan oleh Tio bagi para audiens yang ingin memulai Podcast pertama mereka di bawah ini:

  1. Don’t overthink, langsung aja mulai rekaman

Jika sudah ada keinginan untuk membuat Podcast tentang minat atau suatu hobi, langsung aja dimulai dan jangan bandingkan dengan Podcast lain yang ada.

  1. Pastikan audio jernih dan artikulasi suara jelas

Suara menjadi daya tarik paling utama untuk tertarik mendengarkan Podcast. Pastikan Podcast yang dibuat memiliki audio yang jernih sehingga enak didengar, juga artikulasi dan nada yang jelas dari Podcaster juga bisa membuat pendengar nyaman mendengarkan Podcast yang kamu punya.

  1. Buat pointers terkait topik yang akan diangkat

Pointers akan sangat berguna banget untuk memastikan pembahasan yang dibicarakan masih sesuai dengan topik yang diangkat.

  1. Komitmen dan Konsisten

Saat memutuskan untuk memulai Podcast, usahakan untuk selalu komitmen dengan waktu yang telah direncanakan, sehingga konten – konten baru bisa dinikmati oleh pendengar secara konsisten.

Top