NAVIGATION

Tropicana Slim Ajak Coffeepreneur Kreasikan Kopi Sehat

Tropicana Slim Ajak Coffeepreneur Kreasikan Kopi Sehat

Di Jakarta terdapat 3.013 cafe yang menjual kopi serta 20.510 titik lokasi Dine Out yang kemungkinan menjual minuman kopi.

Marketplus.co.id – Tropicana Slim menggelar acara edukatif untuk menginspirasi anak muda Indonesia, khususnya di Jakarta untuk berani melangkah maju sebagai wirausahawan kopi (coffeepreneur). Acara bertajuk Art & Coffeepreneurship Day 2019 ini digelar di Hiveworks Co-Work & Cafe, (9/1).

Art & Coffeepreneurship Day 2019 dihadiri oleh sejumlah peserta yang sebagian besar merupakan para coffeepreneur pemula maupun anak muda yang ingin membuka usaha minuman kopi dengan rangkaian kegiatan menarik seputar bisnis kopi, seperti 3D Art Latte Workshop dan Talkshow “Art & Coffeepreneurship”. Acara ini hadir di 9 kota, yang meliputi Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Bali dan Makassar.

Melalui Art & Coffeepreneurship Day 2019, Tropicana Slim berkomitmen mendukung para coffeepreneur muda Indonesia makin maju dalam menjalankan bisnis mereka. Peserta berkesempatan mengikuti serangkaian kegiatan seperti sharing “Art & Coffeepreneurship” bersama Muhammad Aga, Finalist World Barista Championship 2018 dan Co-Founder Smith Coffee Bar Jakarta terkait tips sukses menjalankan bisnis kopi, serta mengikuti 3D Art Latte Workshop.

Menurut Aga, meskipun semakin banyak para pemain di dunia perkopian di Indonesia, dirinya optimis pasar Indonesia memiliki potensi yang masih sangat besar untuk digarap, sehingga anak muda tidak perlu khawatir untuk berani melangkah maju dan berani mencoba menjadi Coffeepreneur.

“Agar makin sukses berbisnis minuman kopi, para Coffeepreneur muda Indonesia harus kreatif dan terus berinovasi dalam menyajikan minuman kopi. Rasa enak saja tidak menjamin, sehingga kita perlu menyajikan pengalaman unik dan berbeda, baik secara penampilan minuman, pelayanan, harga, maupun lokasi. Selain itu, pilihan kopi yang lebih sehat juga perlu dipertimbangkan, karena saat ini semakin banyak konsumen Indonesia yang sadar akan gaya hidup sehat,” ungkap Aga.

Deri, Marketing Manager Zomato Indonesia juga mengatakan, “Di Indonesia, khususnya kota besar seperti Jakarta, ngopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat dan menciptakan peluang besar bagi para Coffeepreneur. Hal ini terlihat dari jumlah cafe dan coffee shop meningkat tiap tahunnya”.

Ia juga menambahkan, Berdasarkan data Zomato, per Februari 2019, di Jakarta terdapat 3.013 cafe yang menjual kopi serta 20.510 titik lokasi Dine Out yang kemungkinan menjual minuman kopi.

“Kami menemukan bahwa para penikmat kopi di cafe memiliki kebiasaan tidak memesan kopi atau teh saja, namun juga makanan pendamping seperti dessert yang seringkali berkalori tinggi. Penikmat kopi sekarang lebih sadar perlu batasi asupan gula di minuman kopi/teh untuk mengkompensasi dessert yang umumnya tinggi gula. Terlebih lagi dengan adanya program Zomato Gold yang memungkinkan penggunanya mendapatkan 2+2 untuk minuman, termasuk kopi. Menurut kami, melihat makin besarnya permintaan dan kebiasaan ngopi di Indonesia, pilihan minuman kopi yang lebih sehat dapat menjadi opsi baik bagi konsumen Indonesia untuk hidup lebih sehat. Bagi pengusaha kopi, ini bermanfaat untuk meningkatkan penawaran di kafenya dengan tidak hanya menawarkan kopi, tapi juga dessert,” terang Deri.

Top