NAVIGATION

Bank OCBC NISP Hadirkan Rangkaian Program Keuangan Berkelanjutan untuk Generasi Muda

Bank OCBC NISP Hadirkan Rangkaian Program Keuangan Berkelanjutan untuk Generasi Muda

Program Young Entrepreneur Spirit (YES) menciptakan wirausahawan muda sukses dan program SMART FUTURE untuk generasi muda yang melek perencanaan keuangan.

Marketplus.co.id –  Bank OCBC NISP kembali melakukan serangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) #OCBCNISPWithYou untuk meningkatkan literasi keuangan yang menyasar generasi muda.

Komitmen ini diwujudkan melalui 2 program, yakni program Young Entrepreneurship Spirit (YES) Competition dan Program SMART FUTURE. Kedua program tersebut merupakan bentuk dukungan Bank OCBC NISP terhadap program pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.

Sebagai pelaku perbankan, Bank OCBC NISP memiliki tanggung jawab untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan. Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan menargetkan tingkat literasi keuangan dapat mencapai 75% di tahun 2019, sedangkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan menunjukkan bahwa tingkat indeks literasi keuangan masih berada di 29,66% pada tahun 2016.

“Berangkat dari fakta tersebut, diperlukan rangkaian program edukasi literasi keuangan yang tidak hanya dilakukan secara konsisten, namun juga membutuhkan program yang kreatif sehingga dapat terus relevan dengan perkembangan generasi dan jaman. Terlebih saat ini populasi terbesar Indonesia didominasi oleh generasi muda. Komitmen ini juga sesuai dengan brand essense kami yakni mutual growth driven by knowledge, di mana kami harus dapat terus relevan untuk dapat bertumbuh dan berkembang bersama masyarakat,” ujar Direktur Bank OCBC NISP, Mirah Wiryoatmodjo.

Program YES Competition merupakan sebuah program workshop, empowerment, sekaligus kompetisi untuk wirausahawan muda Indonesia. Program hasil kerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat ini mulai diadakan sejak tahun 2013 guna menyasar mahasiswa maupun alumni perguruan tinggi negeri yang memiliki passion besar untuk dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan sehingga dapat memberikan dampak sosial di lingkungan sekitarnya. YES Competition pada tahun 2019 ini diikuti oleh 31 kelompok usaha selama 2 hari mulai dari 18-19 Februari 2019 di Cirebon, dengan sebagian besar bergerak di bidang kuliner, jasa dan argoindustri.

Sebagai penyelenggaraan program yang ke-6, program YES telah terus mengalami pengembangan dan inovasi program. Pada tahun ini para peserta mengikuti kegiatan pembekalan melalui workshop dan empowerment dengan tema “Winning Strategies for Startup” yang dibawakan oleh Altona Widjaja – Business Incubation Lead Bank OCBC NISP. Selain itu Bank OCBC NISP juga membekali peserta dengan materi berjudul “Financial Model Canvas & Plan” yang dibawakan oleh Chinni Yanti Tjhin – Premier Banking and Emerging Affluent Proposition Head Bank OCBC NISP. Selama workshop, para peserta akan dibekali ilmu dan tips manajemen keuangan, hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan bisnis agar mendapatkan dukungan modal dari venture capital maupun produk-produk perbankan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. Setelah memperoleh ilmu dari sesi pembekalan, para peserta ditantang untuk mempresentasikan bisnis untuk kemudian dinilai oleh para juri.

“Melalui sesi workshop, empowerment, dan kompetisi ini, para peserta dibekali dengan pengetahuan dari perwakilan manajemen Bank OCBC NISP. Tidak hanya itu peserta terbaik juga mendapatkan pendampingan usaha serta akan dibekali dengan dana bergulir yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha. Melalui YES program diharapkan usaha yang sedang dirintis dapat lebih berkembang menjadi sebuah bisnis yang berkelanjutan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkap Mirah.

Top