NAVIGATION

Pentingnya Program Bisnis Dalam Pendidikan Vokasi Fashion

Pentingnya Program Bisnis Dalam Pendidikan Vokasi Fashion

"Menciptakan produk unggulan melalui keterampilan design memang hal yang penting, namun bagaimana produk tersebut bisa dipasarkan adalah tuntutan yang juga harus dikuasai."

Marketplus.co.id – Upaya-upaya terus dilakukan oleh pemerintah dan berbagi pihak untuk terus menumbuhkan wirausaha baru, penguatan branding produk fesyen, maraknya event fesyen yang semakin menumbuhkan kecintaan kepada lokal brand, dan yang tidak bisa dikesampingkan adalah penguatan pendidikan vokasi industri fesyen yang berbasis kewirausahaan yang berperan melahirkan wirausaha baru atau fashion preneur.

Berdasarekan data Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, pada tahun 2017 industri fesyen Tanah Air telah menyumbang 3,76% PDB nasional dan ekspor industri fesyen mencapai USD 13,29 miliar. Angka yang signifikan bahwa industri ini memiliki peran penting bagi ekonomi tanah air.

Hal ini juga seiring dengan maraknya berbagai lembaga pendidikan mode yang tumbuh di Tanah Air. Di tengah persaingan yang semakin ketat, program pendidikan fesyen berbasis kewirasusahaan atau fashion bisnis menjadi syarat yang di butuhkan para peminat fashion yang ingin terjun ke dalam industri ini.

Menurut Floery D. Mustika, CEO dari SFA – Sparks Fashion Academy, tidak mudah memberikan wawasan pentingnya kewirausahaan bagi pelaku industri kreatif.

“Pelaku indsutri kreatif mau tidak mau harus membuka dirinya untuk mau belajar strategi bisnis. Selama ini, pendidikan mode lebih mengutamakan program-program kreatif seperti design, pola dan menjahit. Menciptakan produk unggulan melalui keterampilan design memang hal yang penting, namun bagaimana produk tersebut bisa dipasarkan adalah tuntutan yang juga harus dikuasai,” terang Floery saat ditemui di SFA, Rabu 30/1/2019.

Ia juga menaambahkan, pelatihan dan pembekalan seperti yang dilakukannya menjadi hal yang berharga, karena industri fesyen membutuhkan wirausaha muda atau fashion preneuer yang semakin kuat pondasi bisnisnya. Di sisi lain, kenyataan berbeda yang ditemui dimana lulusan sekolah mode banyak yang keluar jalur dari bidang fesyen karena minimnya kemampuan berbisnis.

Pengembangan program kewirausahaan menjadi  penting bagi pendidikan vokasi fesyen untuk  melahirkan wirausahaan baru untuk menunjang pertumbuhan ekonomi bangsa ini.

SFA

Salah satu siswa SFA, Eka Adriane juga menuturkan bahwa project show yang akan diikuti siswi SFA saat ini adalah Indonesia Fashion Week, yang merupakan ajang besar fesyen di Tanah Air. Mereka di tuntut tidak hanya memamerkan karya yang unik, namun sejak awal juga merekasudah membuat konsep target market yang akan disasar sehingga perencanaan promosinya.

Top