NAVIGATION

NTB Luncurkan CoE 2019 Bertajuk Spirit of Lombok Sumbawa

NTB Luncurkan CoE 2019 Bertajuk Spirit of Lombok Sumbawa

Berlokasi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, launching CoE LS 2019 ini dipersiapkan oleh Dinas Pariwisata bersama BPPD NTB dan dukungan penuh dari PT. Angkasa Pura.

Marketplus.co.id – Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali meluncurkan Calender of Event 2019 di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, (29/12). Launching CoE Lombok Sumbawa (CoE LS) 2019 ini bertajuk “Spirit of Lombok Sumbawa”.

Seluruh event pariwisata bernuansa promosi dan pemasaran ini, secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, bersama Gubernur NTB, Zulkiflimansyah. Berlokasi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, tepatnya di Gate 5 Keberangkatan, launching CoE LS 2019 ini dipersiapkan oleh Dinas Pariwisata bersama BPPD NTB dan dukungan penuh dari PT. Angkasa Pura.

Acara launching yang menyuguhkan atraksi seni khas Lombok dan Sumbawa ini, juga dihadiri dihadiri oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, yang turut mendukung promosi pariwisata ini dengan menawarkan paket wisata Lombok Holidays.

Menurut Arief Yahya, The sSpirit of Lombok Sumbawa  ini merupakan launching pertama dari seluruh CoE 2019 di Indonesia. Dengan mengusung tema The Spirit of Lombok Sumbawa, akan ada 18 event di 2019, dan 4 diantaranya masuk dalam Top 100 CoE Nasional.

Keempat event CoE 2019 Nasional adalah Pesona Bau Nyale, Festival Pesona Tambora, Festival Pesona Moyo dan Pesona Khazanah Ramadan. Sedangkan event CoE Lombok 2018 lainnya adalah Lombok Sumbawa Great Sale, Rinjanin100, Tour De Lombok Mandalika, Festival Pesona Senggigi, Bulan Pesona Lombok Sumbawa dan beberapa event menarik lainnya

“Top-3 important message dalam menggelar event, yaitu gunakan standar event internasional, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, agar persiapan harus benar-benar matang dilakukan dari jauh-jauh hari. Tetapkan kurator event, management dan promosi terukur, sehingga penyajian CoE jadi contoh untuk event lainnya,” ujar Menpar.

Terkait posisi NTB sebagai salah satu destinasi halal terbaik dunia. Menpar Arief Yahya juga menyampaikan 4 juta target wisatawan ke NTB pada 2019 yaitu 2 juta untuk wisman dan 2 juta untuk wisnus. Bahkan, Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) yang menempatkan NTB menjadi destinasi nomor satu untuk mendongkrak potensi Indonesia agar menduduki posisi pertama di Global Muslim Travel Index (GMTI) setelah Aceh dan Jakarta.

“Ini penghargaan tertinggi untuk NTB, karena yang menilai adalah Crescent Rating dan Mastercard yang menjadi acuan index yang paling komprehensif untuk mengukur kualitas dan kuantitas wisata halal di berbagai negara. Tak heran tahun 2016, NTB berhasil meraih the best halal destination,” ujar Menpar.

Arief Yahya juga menambahkan, point terakhir adalah pemulihan NTB pasca gempa bumi pada awal Agustus 2018 lalu yang masih terus berjalan. Program trauma healing untuk SDM pariwisata di NTB juga terus berlanjut dan diharapkan pada awal April 2019 sudah pulih sepenuhnya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga menjelaskan bahwa pihaknya bersemangat menyongsong tahun 2019. Terlebih 4 juta wisatawan jadi target di tahun mendatang. “Kami optimis 4 juta wisatawan bisa datang ke NTB tahun depan. Namun sehebat apa pun promosi yang kita lakukan, sehebat apapun event yang digelar, harus didukung aksesibilitas atau konektivitas,” kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Top