NAVIGATION

Geliat Produk Lokal di Harbolnas 2018

Geliat Produk Lokal di Harbolnas 2018

Harbolnas 2018 didukung penuh oleh tiga Kementerian dan diikuti oleh lebih dari 300 e-commerce.

Marketplus.co.id – Puncak dari berbagai pesta belanja online yang sudah digelar dari September lalu siap digelar. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang akan berlangsung pada 11 dan 12 Desember 2018 mendatang,  akan memasarkan ribuan produk lokal selama Harbolnas 2018 edisi khusus produk lokal berlangsung pada 11 Desember 2018.

Menurut Indra Yonathan, Ketua Panitia Harbolnas 2018,  seluruh kategori produk itu akan dipasarkan melalui lebih dari 300 e-commerce peserta Harbolnas 2018, yang pada tahun ini mengangkat semangat gotong royong dengan tema besar ‘Belanja untuk Bangsa’.

“Harbolnas sebagai festival belanja online terbesar di Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan produk lokal dan mendorong lebih banyak UMKM agar dapat merasakan keuntungan dan manfaat lebih dari perdagangan digital,” katanya.

Yonathan menambahkan, perdagangan digital menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan data dari Google dan Temasek baru-baru ini, pertumbuhan ekonomi internet indonesia pada 2018 mencapai USD 27 miliar dan diprediksi akan terus tumbuh mencapai USD 100 miliar pada 2025. Ini menjadi peluang tidak hanya bagi pelaku industri e-commerce tetapi juga bagi produsen lokal untuk merambah ranah perdagangan digital.

“Melalui Harbolnas 2018 ini para produsen produk lokal dapat merasakan pengaruh bisnis dari kemeriahan acara Harbolnas beriringan dengan pemain-pemain e-commerce besar, sehingga para produsen lokal dapat lebih memahami kelebihan pemasaran dengan platform online,” ujar Indra Yonathan, yang juga selaku Country Head of Shopback Indonesia.

Selain membantu mendorong peningkatan penjualan produk lokal, Harbolnas 2018 juga didukung oleh tiga kementerian sekaligus, yakni: Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Bahkan untuk pertama kalinya Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) juga memberikan dukungan penuh atas keberlangsungan Harbolnas 2018.

Promo yang diberikan pada Harbolnas tahun ini, adalah potongan harga hingga 95% serta cashback hingga 120% dari ShopBack. Sementara itu, Bank Mandiri sebagai penyedia utama channel pembayaran non tunai untuk transaksi di Harbolnas 2018 menawarkan serangkaian program promo menarik untuk kenyamanan masyarakat saat berbelanja, terutama pemegang Mandiri Debit dan Mandiri Kartu Kredit. Program promo tersebut antara lain diskon hingga 93% di e-commerce peserta Harbolnas, kesempatan mendapatkan cashback hingga Rp1.212.000,- (1,212 juta rupiah) dan Cicilan 0% hingga 12 bulan untuk pemegang Mandiri Kartu Kredit.

Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri M. Haris Budiman menyebutkan, program promo ini merupakan apresiasi kepada 19 juta nasabah yang telah bertransaksi di Bank Mandiri.

“Saat ini berbelanja di platform e-commerce telah menjadi tren di nasabah Bank Mandiri dan cenderung meningkat. Ini terlihat pada data frekuensi transaksi kartu mandiri, baik debit maupun kartu kredit, yang mengalami peningkatan hingga 60% pada tahun ini dibandingkan tahun lalu,” kata Haris.

Harbolnas 2018 didukung penuh oleh pemerintah melalui tiga kantor kementerian yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. Harbolnas 2018 juga diikuti lebih dari 300 e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, Zalora, serta didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai official sponsor, CIMB Niaga, Facebook, Jaringan Prima, IMX, PopBox PopExpress dan JET sebagai official partner dan ShopBack sebagai official cashback partner.

Top