NAVIGATION

Grup Fast Retailing Kembangkan Inovasi Proses Pencucian Jeans

Grup Fast Retailing Kembangkan Inovasi Proses Pencucian Jeans

Teknologi ini mampu mengurangi pemakaian air hingga 99% dan akan digunakan untuk semua Grup Jeans FR di tahun 2020.

Marketplus.co.id – Grup Fast Retailing (“FR Group”) mengembangkan sebuah proses pencucian baru untuk jeans yang dapat mengurangi pemakaian air hingga 99%, dengan rata-rata lebih dari 90%.

Teknologi ini berasal dari FR Jeans Innovation Center, fasilitas yang dimiliki oleh grup ini untuk melakukan riset dan pengembangan material jeans di Los Angeles, California, dan telah diterapkan pada koleksi Musim Gugur/Musim Dingin 2018 untuk UNIQLO Jeans Pria Regular Fit dan koleksi J BRAND Sustainable Capsule. Pada tahun 2019 total 10 juta pasang jeans dari kedua merek tersebut, yang hampir meliputi sepertiga dari jumlah produksi tahunan FR akan dibuat dengan proses ini. Tahun 2020 teknologi baru ini akan diaplikasikan untuk semua jeans yang dibuat dan dijual oleh Grup ini.

Inovasi terbaru ini memadukan peralatan pencucian canggih yang menggunakan gelembung nano dan ozone serta keahlian dari para desainer jeans untuk mengurangi penggunaan air dalam proses pencucian dibandingkan dengan metode konvensional, namun tetap mempertahankan kualitas dan desain. Dengan memadukan teknik ini, UNIQLO berhasil mengurangi penggunaan air pada proses pencucian untuk Jeans Pria Regular Fit hingga 99% dengan rata-rata lebih dari 90%.

Di tahun 2020, Grup ini merencanakan untuk membuat 40 juta jeans dengan proses pencucian baru, dan berharap dapat mengurangi pemakaian air hingga 3.7 miliar liter air, jumlah air yang sangat besar yang dapat mengisi 1.500 kolam renang berstandar internasional.2

Sebagai tambahan, batu apung yang biasa digunakan dalam proses pencucianpun telah digantikan dengan batu buatan yang dapat digunakan semi-permanen, yang membantu mengurangi polusi air. Beban pada pekerja juga menjadi lebih ringan dengan pemakaian laser untuk menggantikan proses penggosokan secara tradisional yang biasa dilakukan menggunakan tangan.

Masaaki Matsubara, Direktur Jeans Innovation Center berkata “Kami percaya bahwa pembuatan jeans yang tidak hanya terpusat pada desain dan kenyamanan, namun juga ramah lingkungan serta melindungi hak pekerja yang terlibat pada proses produksi, akan menghasilkan produk yang benar-benar baik, dan bahwa produksi jeans seperti itu akan membantu mewujudkan masa depan yang lebih cerah. Kami akan menggunakan kemampuan teknik dan skala ekonomi dari Grup Fast Retailing untuk berkontribusi merealisasikan masyarakat yang berkesinambungan.”

Top