NAVIGATION

Facebook Aktifkan ‘Safety Check’ Pasca Gempa Palu-Donggala

Facebook Aktifkan ‘Safety Check’ Pasca Gempa Palu-Donggala

Merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk menginformasikan bahwa pengguna Facebook berada dalam keadaan selamat.

Marketplus.co.id – Facebook telah mengaktifkan fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan setelah terjadi bencana gempa bumi bermagnitudo 7,4 SR di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat, 28 September 2018 lalu.

Pemeriksaan Keselamatan merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk menginformasikan bahwa pengguna Facebook berada dalam keadaan selamat, serta mengecek keadaan orang lain setelah suatu krisis atau bencana alam terjadi.

Pengaktifan fitur Pemeriksaan Keselamatan ini melalui beberapa tahapan. Tahap pertama Facebook menerima peringatan dari agen pelaporan krisis global Facebook bahwa sebuah insiden terjadi di lokasi tertentu, kemudian Facebook memonitor posting terkait insiden tersebut.

Jika cukup banyak orang di area terdampak mem-posting tentang insiden itu di Facebook, makan Pemeriksaan Keamanan atau Safety Check diaktifkan. Jika pengguna Facebook baik-baik saja, maka dapat memilih “Tell Friends Your Safe” atau “Beritahu Teman, Anda Aman” dan Facebook akan memberi tahu teman Anda.

Pengguna Facebook juga dapat melihat teman mana yang menandai dirinya aman, mengundang lebih banyak teman ke Pemeriksaan Keselamatan, menemukan, dan memberikan bantuan.

Top