NAVIGATION

The Big Start Indonesia Season 3 Hadir di Jakarta

The Big Start Indonesia Season 3 Hadir di Jakarta

Mengajak pengusaha kreatif muda Jakarta naik kelas dan kembangkan potensi bisnis ke pasar lebih luas.

Marketplus.co.id – Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) menargetkan UMKM baru akan tumbuh sekitar 5 persen di 2019, lebih naik dari 1,56 persen di 2014 dan 3,1 persen dari jumlah penduduk pada akhir 2016. Menurut riset Mckinsey Institute, tercatat sebanyak 59,9 juta jumlah UMKM di Indonesia dan telah berkontribusi hingga 56 persen dari total perekonomian negara. Meski demikian, baru 3,97 persen dari jumlah keseluruhan yang telah membuka usaha di e-commerce, sehingga masih banyak pelaku usaha yang belum memperluas kesempatan mereka di ranah digital.

Blibli.com terus mendukung perkembangan UMKM Indonesia melalui ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik nasional untuk ketiga kalinya, The Big Start Indonesia (TBS) Season 3.

Didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, Prasetiya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Kementrian Perindustrian, TBS Indonesia Season 3 siap digelar dengan total hadiah lebih besar dari tahun sebelumnya senilai Rp 1,1 Miliar dan Jakarta menjadi kota ke-5 dan terakhir dalam rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 yang akan berlangsung antara 7 sampai 9 September 2018.

Mengusung semangat “Buktikan Pada Mereka”, TBS Indonesia Season 3 diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas.

Menurut Lani Rahayu, Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com,, tahun ini, The Big Start Indonesia Season 3 akan menjadi perhelatan lebih besar dengan diadakannya roadshow lima kota, dan Jakarta menjadi kota ke-5 sekaligus penutup dalam rangkaian ini setelah sebelumnya digelar di Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya.

“Blibli.com melihat Jakarta sebagai ibukota dengan potensi UMKM lebih matang dibandingkan kota-kota lainnya, dan tentunya menghadirkan persaingan lebih ketat. Gelaran di Jakarta menutup rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 di lima kota yang mengajak para pengusaha kreatif muda lokal terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi,” ujarnya.

Sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu, TBS Indonesia Season 3 tahun ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak pengusaha muda yang berkomitmen mengembangkan usaha mereka, yang kemudian dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia. Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, di mana mereka dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, serta hukum hingga perlindungan HAKI dan pada akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke Grand Final.

Kompetisi tahun ini juga dimeriahkan dengan Special Project di malam Grand Final TBS Indonesia Season 3, sebuah proyek yang mempertemukan dua pengusaha kreatif lokal Indonesia untuk membuat produk kolaborasi yang nantinya dipamerkan di malam Grand Final TBS Indonesia Season 3 untuk kemudian dijual secara eksklusif di Blibli.com. Tahun ini juga memperkenalkan mentor serta juri baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu mentor beauty dengan Kezia Toemion Founder ESQA cosmetics, mentor fashion Didiet Maulana dari IKAT Indonesia, mentor kuliner Gwen Winarno  dari Pure Foods Company, mentor kriya Bagus Rochadiat dari Kekayuan, serta host judges yaitu selebriti Aline Adita yang merupakan Co-Founder Downtown Market dan pengusaha kuliner.

Top