NAVIGATION

Alibaba Gelar Xin Philanthropy Conference

Alibaba Gelar Xin Philanthropy Conference

Sembilan hari mengumpulkan 300 juta aksi memberi melalui tindakan sederhana yang dilakukan sehari-hari bersama pengguna ekosistem Alibaba

Marketplus.co.id Alibaba Foundation menggelar Xin Philanthropy Conference yang kedua sebagai bagian dari kampanye kedermawanan selama sembilan hari oleh Alibaba sejak tanggal 1 September 2018.

Tujuan dari konferensi ini adalah untuk menghasilkan 300 juta aksi kedermawanan dari komunitas pengguna ekosistem Alibaba – para pedagang dan konsumen, yang saat ini bahkan telah melebihi target hanya dalam waktu dua hari saja.

Acara tahun ini mengangkat tema The Power of Small atau kekuatan dari hal-hal kecil. Tema tahun ini menekankan bagaimana gabungan dari hal-hal kecil yang dilakukan sehari-hari dapat membangun masa depan dunia yang lebih baik, sebab peran digital saat ini memudahkan setiap individu untuk berkontribusi pada masyarakat. Sebagai pemikir untuk menggerakkan kesejahteraan umum dan kedermawanan, Jack Ma, Co-Founder dan Executive Chairman Alibaba Group, dan Yang Mulia Ratu Rania Al Abdullah dari Kerajaan Hashemite Yordania, turut hadir dalam konferensi ini beserta beberapa tokoh-tokoh lainnya.

Ratu Rania membahas tentang kekuatan logika dan cinta kasih, terutama untuk krisis edukasi yang terjadi di banyak belahan dunia. “Edukasi merupakan hak setiap anak dan itu adalah bentuk cinta kasih. Edukasi juga merupakan hal logis, sumber dari perkembangan manusia, pencegah ektrmisme, dan fondasi dari dunia yang damai,” ujar Ratu Rania.

Selain mengajak masyarakat dunia untuk bergabung dalam gerakan global untuk mengatasi krisis ini, ia juga menekankan pentingnya kekuatan kolektif dari tiap individu dalam mengatasi tantangan global. Ia percaya kekuatan ini dapat dirasakan walaupun muncul dari orang-orang yang terpisah oleh jarak. “Ya, sesuatu yang kecil dapat berdampak signifikan. Hal yang kecil dapat berkembang menjadi besar,” tambahnya.

Menyambung dari pidato Ratu Rania, Jack Ma menambahkan tentang apa yang dimaksud dengan kedermawanan. “Kedermawanan yang sesungguhnya adalah usaha kolektif dari banyak orang, dan tidak banyak aksi kedermawanan yang dilakukan oleh hanya satu orang saja. Setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berderma. Kontribusi besar atau kecil, tidak menjadi masalah, dan bukan berarti Anda harus melakukan suatu hal yang besar atau menjadi orang penting untuk berderma.” Jack Ma menambahkan, “Berderma tidak semata-mata memberikan uang, tetapi melakukannya dengan sepenuh hati, merelakan waktu, dan yang paling penting adalah tindakan Anda. Lebih dari itu, kedermawanan menjadikan kita orang yang lebih baik, dan jika setiap orang mau berpartisipasi, kita dapat membuat dunia menjadi lebih baik.”

Mewujudkan Kekuatan dan Potensi dari Kedermawanan

Xin Philanthropy Conference tahun ini merupakan acara utama dari kampanye sembilan hari yang dimulai sejak tanggal 1 September oleh Alibaba dan unit bisnis lainnya. Kampanye ini bertujuan untuk menghasilkan 300 juta aksi kedermawanan dengan memobilisasi komunitas Alibaba yang adalah pedagang dan konsumen, yang berhasil dilampaui dalam dua hari saja. Mulai dari upaya penggalangan dana donasi hingga perlindungan terhadap satwa, Alibaba telah meluncurkan sejumlah inisiatif digital untuk mempromosikan kontribusi universal. Inisiatif ini dapat diakses melalui akun daring sehingga pelanggan dapat melihat kontribusinya dan membagikan pengalamannya kepada orang lain.

Sebelumnya, Alibaba telah menunjukkan dampak dari kedermawanan dan saling memberi melalui jaringannya. Sejak tahun 2015, secara kolektif, karyawan Alibaba telah memberikan 483.000 jam untuk berkontribusi dalam kegiatan amal sebagai bagian dari inisiatif perusahaan mengajak karyawan menggunakan tiga jam kerja untuk melayani publik setiap tahunnya. Ratusan organisasi dan lebih dari tujuh juta sukarelawan publik telah menjawab panggilan ini dan menghasilkan 1,8 juta kegiatan sejak September 2017 hingga Maret 2018, mulai dari perlindungan terhadap lingkungan hidup hingga menolong mereka yang kurang mampu.

Top