NAVIGATION

5 Hal Utama dari The Computing Conference 2018 Alibaba Group

5 Hal Utama dari The Computing Conference 2018 Alibaba Group

Akan membentuk anak perusahaan baru bernama Pingtouge, yaitu perusahaan yang memfokuskan diri pada pengembangan AI chips.

Marketplus.co.id – Acara tahunan terbesar di bidang komputasi awan dari Alibaba Group, The Computing Conference digelar pada 19 September hingga 22 September 2018. Acara yang dibuka dengan kata sambutan oleh Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma ini menyoroti serangkaian inovasi baru dari Alibaba di bidang komputasi awan dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Berikut adalah serangkaian inovasi dan yang diumumkan di hari pertama The Computing Conference 2018:

  1. Visi Jack Ma terkait New Manufacturing – Dalam sambutannya Jack Ma percaya bahwa New Manufacturing adalah masa depan dari industri manufaktur. New Manufacturing akan mentransformasi pabrik konvensional yang berpola bisnis-ke-konsumen menjadi pabrik yang bersifat lebih personal berdasarkan permintaan konsumen. New Manufacturing diharapkan dapat memproduksi berbagai produk secara efisien. Dahulu sebuah alat dapat memproduksi 2.000 model pakaian yang sama dalam 5 menit, dengan New Manufacturing, sebuah alat dapat memproduksi 2000 model pakaian berbeda dalam waktu yang sama.
  2. Roadmap Riset Teknologi 5 tahunAlibaba mengumumkan peta jalan atau roadmap untuk frontier technology – di antaranya komputasi kuantum dan AI Melalui Alibaba Damo Academy, Alibaba mengumumkan rencana untuk mengembangkan teknologi disruptif untuk lima tahun ke depan. Teknologi-teknologi ini dikembangkan untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan baru di berbagai industri mulai dari logistik, hingga farmasi. Teknologi yang akan dikembangkan adalah komputasi kuantum dan chip technology.
  3. Pendirian Anak Usaha di bidang AI Chip – Alibaba juga akan membentuk anak perusahaan baru bernama Pingtouge, yaitu perusahaan yang memfokuskan diri pada pengembangan AI chips, yang dirancang khusus dan prosesor-prosesor yang mendukung bisnis komputasi awan yang berkembang pesat. Perusahaan ini juga akan menghadirkan solusi-solusi cerdas untuk berbagai industri.
  4. Olympic Broadcasting Services (OBS) luncurkan OBS Cloud – Olympic Broadcasting Services (OBS) bekerja sama dengan Alibaba Cloud meluncurkan OBS Cloud. Sebuah inovasi baru dalam industri penyiaran yang sepenuhnya menggunakan teknologi awan dan akan diaplikasikan pada Olimpiade Tokyo 2020. OBS Cloud menghadirkan presisi tingkat tinggi dalam menayangkan siaran langsung pertandingan olahraga dan memudahkan penyiar resmi di seluruh dunia untuk menayangkan pertandingan dengan lebih praktis.
  5. Pemerintah Kenya Gunakan Teknologi Komputasi Awan Alibaba Cloud untuk Pelestarian Satwa Liar – Alibaba Cloud bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Margasatwa Republik Kenya dalam kerja sama strategis untuk mendukung proyek perlindungan satwa. Pada proyek ini Alibaba Cloud akan menggunakan teknologi seperti sensor untuk melacak satwa, kamera dengan sensor infra-merah, dan drone pemantau area. Seluruhnya akan digunakan untuk mengumpulkan data dan pergerakan dan kesehatan satwa secara umum. Platform kemudian akan menganalisis data dan membantu pusat komando untuk berjaga-jaga akan potensi risiko bahaya. Teknologi ini akan membantu pengaturan tim lapangan taman nasional untuk mengelola taman nasional secara lebih baik.
Top