NAVIGATION

Tingkatkan Layanan Nasabah, Tangbull Tech Terus Berbenah

Tingkatkan Layanan Nasabah, Tangbull Tech Terus Berbenah

Direktur PT Tangbull Tech Indonesia, Leo Crys Canpio (kiri) berbincang dengan Head of Public Relations, Edward Sinaga (tengah) dan Business Development Manager, Budiman Halim Putra usai jumpa pers untuk mengklarifikasi isu di masyarakat dan peningkatan layanan finansial dengan aplikasi ponsel TangBull di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Mempertemukan lender dan borrower lewat ponsel guna membantu memenuhi kebutuhan finansial masyarakat sehari-hari.

Marketplus.co.id – Kehadiran TangBull sebagai salah satu platform Fintech Peer to Peer Lending menambah warna baru bagi dunia peminjaman online di Tanah Air. Syarat mudah dengan proses persetujuan yang cepat, menjadi keunggulan layanan fintech ini.

Aplikasi pinjaman uang online yang diluncurkan PT TangBull Tech Indonesia ini, memungkinkan penggunanya memperoleh pinjaman dana tunai untuk menutup kebutuhan pribadi mulai dari biaya pendidikan anak, perbaikan kendaraan, renovasi rumah, dan kebutuhan mendesak lainnya.

Saat ini, TangBull menawarkan dua produk unggulannya, yakni cicilan tanpa kartu kredit dan pinjaman tunai. Menurut Leo Crys Canpio, Direktur PT Tangbull Tech  Indonesia, TangBull hadir dengan visi dan misi yang bisa menjembatani sebagai solusi yang cepat dan tanggap. Dalam waktu 1 tahun, PT TangBull Tech Indonesia sudah menyalurkan pinjaman kepada ribuan orang penerima pinjaman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

“Platform TangBull lebih menyasar ke para pengembang start up mula-mula dan usaha kecil dan menengah yang berbasis internet juga dan tidak ketinggalan juga sektor UKM lain yang ada. Namun pada perkembangannya ada kebutuhan yang berkembang di masyarakat untuk kebutuhan darurat. Kebutuhan yang bersifat mendadak dan butuh penanganan darurat seperti sakit, biaya pendidikan anak-anak dan lain-lain,” jelas  Leo saat jumpa pers di Jakarta, (16/8).

Lewat platform ini pun TangBull berhasil mempertemukan lender dan borrower via ponsel guna membantu memenuhi kebutuhan finansial masyarakat sehari-hari, pengembangan usaha dan lain sebagainya.

Pun begitu, di era digital ini sering kali berbagai kemudahan itu malah berkesan meresahkan. “Kami dari Tangbull tidak memungkiri bahwa saat ini muncul kesan bahwa pinjaman berbasis teknologi meresahkan masyarakat, terutama bagi individu yang mengajukan pinjaman tersebut. Proses yang dianggap tidak nyaman ketika pinjaman sudah berjalan adalah ketika peminjam tidak dapat memenuhi kewajiban sesuai jadwal untuk menyelesaikan pengembalian dana,” ungkap Leo.

Kesan yang muncul adalah seolah pengguna merasa dikejar, terjebak, dan terintimidasi. Pada kondisi yang tidak ideal ini, pihak yang paling dianggap menakutkan adalah pihak yang berkomunikasi langsung dengan para pengguna pinjaman berbasis teknologi.

Teknologi yang diaplikasikan selain memberi alternatif pinjaman juga secara otomatis menjadi pengingat kepada peminjam ketika ada kewajiban yang sudah terjadwal dan hal-hal lain yang perlu disampaikan.

“PT Tangbull Tech Indonesia selaku platform teknologi juga sangat menyadari pinjaman ini dilakukan oleh individu manusia, yang pada suatu ketika menghadapi situasi yang tidak diharapkan. Di sinilah ada layanan nasabah yang disebut Desk Collection untuk memahami lebih jauh apa yang menjadi kendala di pihak nasabah,” ujar Leo.

Layanan Interaksi Dengan Nasabah

Dalam jumpa pers ini pun, segenap manajemen PT TangBull Tech Indonesia meminta maaf atas kesalahpahaman yang telah terjadi dalam proses komunikasi untuk pengembalian dana pinjaman dengan nasabah.

“Desk Collection kami adalah pihak yang mengkomunikasikan atau mengingatkan para user untuk melakukan pengembalian dana sebelum jatuh tempo sesuai termin yang sudah disetujui pada saat pendaftaran. Selain itu, tujuan dari divisi ini adalah bekerjasama dengan para user untuk mencegah bertambahnya kewajiban yang tidak seharusnya dibayarkan ketika melewati masa tenggang,” kata Leo.

Terkait fungsi Desk Collection inilah, ketidaknyamanan user sempat muncul. PT TangBull pun tidak tinggal diam, dan melakukan penyelidikan apakah proses tersebut dilakukan sesuai secara prosedur yang ditetapkan oleh kebijakan perusahaan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Seperti salah satu wujud partisipasi kami untuk terus bekerjasama dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menanggapi respons ketidaknyamanan masyarakat terutama user dalam proses tersebut. Perwakilan PT Tangbull Tech Indonesia juga sudah mengundang user yang merasa tidak nyaman untuk ke kantor dan menyelesaikan dengan mencari jalan keluar yang memuaskan dengan nasabah yang bersangkutan,” paparnya.

Respons cepat TangBull juga diwujudkan lewat layanan keluhan melalui help@tangbull.com atau 021-3001488, 08111221554 (whatsapp). “Kami selalu berharap kehadiran perusahaan kami adalah menjadi solusi kebutuhan finansial masyarakat yang cepat dan tanggap. Kebutuhan finansial tersebut umumnya bersifat mendadak dan butuh penanganan darurat seperti, sakit, kebutuhan pendidikan, dan lain-lain,” tukas Leo.

Top