Setelah selama tiga kuartal berturut-turut berada di ranking 5, Shopee berhasil merangkak ke posisi ke-4 di kuartal II 2018 dengan pengunjung rerata 30.843.000/bulan.
Marketplus.co.id – Peta persaingan bisnis e-commerce di Tanah Air semakin ketat. Para pelaku e-commerce pun dituntut untuk terus melakukan inovasi guna menjaring pengguna dan dan memperkuat layanan mereka.
Berikut Data persaingan rata-rata pengunjung bulanan berdasarkan SimilarWeb di kuartal II 2018
- Lima besar e-commerce dengan rata-rata pengunjung bulanan tertinggi berdasarkan SimilarWeb di kuartal II
- Tokopedia dengan pengunjung rerata 111.48 4.100/bulan
- Bukalapak dengan pengunjung rerata 85.138.900/bulan
- Lazada dengan pengunjung rerata 49.990.700/bulan
- Shopee dengan pengunjung rerata 30.843.400/bulan
- Blibli dengan pengunjung rerata 29.044.100/bulan
- Tokopedia menunjukkan performa trafik yang mengagumkan dengan pengunjung rata-rata bulanan tertinggi di kuartal II 2018
- Ranking trafik Lazada menurun ke posisi ketiga dengan pengunjung rerata 49,990,700 per bulan. Hal ini merupakan pertama kalinya Lazada tidak berada di posisi pertama semenjak peta e-commerce Indonesia versi iPrice dibuat.
- Setelah selama tiga kuartal berturut-turut berada di ranking 5, Shopee berhasil merangkak ke posisi ke-4 di kuartal II 2018 dengan pengunjung rerata 30.843.000/bulan.
Data persaingan ranking aplikasi mobile berdasarkan data App Annie di kuartal II 2018
- Di kuartal II 2018, Shopee berhasil mempertahankan ranking pertama baik di platform iOS dan Androis. Shopee selalu berada di ranking satu sejak kuartal II 2017.
- Dilihat berdasarkan vertikal, berikut ranking aplikasi toko daring kategori fashion&beauty:
- Platform iOS
- Zalora
- Sale Stock Indonesia
- Berrybenka
- Sephora
- Hijup
- Platform Android
- Sale Stock Indonesia
- Zalora
- Berrybenka
- Hijup
- Sephora
- Platform iOS
- Sedangkan berikut ranking aplikasi toko daring kategori elektronik:
- Platform iOS
- Bhinneka
- Electronic Solution
- Platform Android
- Bhinneka
- Jakarta Notebook
- Electronic City
- Electronic Solution
- Platform iOS
Ragamnya persaingan e-commerce di Indonesia
- Di kuartal II 2018 ini, terdapat beberapa pemain baru yang kami masukkan ke dalam peta e-commerce Indonesia versi iPrice.
- Vertikal fashion → Sale Stock Indonesia, Sophie Paris
- Vertikal Elektronik → Jakarta Notebook, PlazaKamera
- Berdasarkan dari model bisnis, peta e-commerce Indonesia terdiri dari 86% e-commerce B2C dan 14% e-commerce C2C
- Berdasarkan dari vertikal, peta e-commerce Indonesia terdiri dari 45% marketplace umum, 41% e-commerce fashion, dan 14% e-commerce elektronik.
- Berdasarkan asal negara, 75% pemain e-commerce berasal dari Indonesia, 25% merupakan e-commerce asal luar negeri.