NAVIGATION

Peta Persaingan E-commerce Indonesia Q2 2018

Peta Persaingan E-commerce Indonesia Q2 2018

Tim riset iPrice Group

Setelah selama tiga kuartal berturut-turut berada di ranking 5, Shopee berhasil merangkak ke posisi ke-4 di kuartal II 2018 dengan pengunjung rerata 30.843.000/bulan.

Marketplus.co.id – Peta persaingan bisnis e-commerce di Tanah Air semakin ketat. Para pelaku e-commerce pun dituntut untuk terus melakukan inovasi guna menjaring pengguna  dan dan memperkuat layanan mereka.

Berikut Data persaingan rata-rata pengunjung bulanan berdasarkan SimilarWeb di kuartal II 2018

  1. Lima besar e-commerce dengan rata-rata pengunjung bulanan tertinggi berdasarkan SimilarWeb di kuartal II
    1. Tokopedia dengan pengunjung rerata 111.48 4.100/bulan
    2. Bukalapak dengan pengunjung rerata 85.138.900/bulan
    3. Lazada dengan pengunjung rerata 49.990.700/bulan
    4. Shopee dengan pengunjung rerata 30.843.400/bulan
    5. Blibli dengan pengunjung rerata 29.044.100/bulan
  2. Tokopedia menunjukkan performa trafik yang mengagumkan dengan pengunjung rata-rata bulanan tertinggi di kuartal II 2018
  3. Ranking trafik Lazada menurun ke posisi ketiga dengan pengunjung rerata 49,990,700 per bulan. Hal ini merupakan pertama kalinya Lazada tidak berada di posisi pertama semenjak peta e-commerce Indonesia versi iPrice dibuat.
  4. Setelah selama tiga kuartal berturut-turut berada di ranking 5, Shopee berhasil merangkak ke posisi ke-4 di kuartal II 2018 dengan pengunjung rerata 30.843.000/bulan.

Data persaingan ranking aplikasi mobile berdasarkan data App Annie di kuartal II 2018

  1. Di kuartal II 2018, Shopee berhasil mempertahankan ranking pertama baik di platform iOS dan Androis. Shopee selalu berada di ranking satu sejak kuartal II 2017.
  2. Dilihat berdasarkan vertikal, berikut ranking aplikasi toko daring kategori fashion&beauty:
    • Platform iOS
      1. Zalora
      2. Sale Stock Indonesia
      3. Berrybenka
      4. Sephora
      5. Hijup
    • Platform Android
      1. Sale Stock Indonesia
      2. Zalora
      3. Berrybenka
      4. Hijup
      5. Sephora
  1. Sedangkan berikut ranking aplikasi toko daring kategori elektronik:
    • Platform iOS
      1. Bhinneka
      2. Electronic Solution
    • Platform Android
      1. Bhinneka
      2. Jakarta Notebook
      3. Electronic City
      4. Electronic Solution

Ragamnya persaingan e-commerce di Indonesia

  1. Di kuartal II 2018 ini, terdapat beberapa pemain baru yang kami masukkan ke dalam peta e-commerce Indonesia versi iPrice.
    • Vertikal fashion → Sale Stock Indonesia, Sophie Paris
    • Vertikal Elektronik → Jakarta Notebook, PlazaKamera
  2. Berdasarkan dari model bisnis, peta e-commerce Indonesia terdiri dari 86% e-commerce B2C dan 14% e-commerce C2C
  3. Berdasarkan dari vertikal, peta e-commerce Indonesia terdiri dari 45% marketplace umum, 41% e-commerce fashion, dan 14% e-commerce elektronik.
  4. Berdasarkan asal negara, 75% pemain e-commerce berasal dari Indonesia, 25% merupakan e-commerce asal luar negeri.
Top